Ini Makanan Khas Bekasi yang Harus Kamu Ketahui

Lintasbekasi.com – Secara geografis budaya, wilayah Bekasi lebih dipengaruhi oleh budaya Betawi dibanding budaya Sunda. Maka dari itu anda akan menemukan banyak kesamaan antara makanan khas Bekasi dengan Betawi. Berikut ini adalah daftar makanan khas Bekasi yang wajib kamu ketahui:

Sayur Gabus Pucung

Siapa yang tidak megenal sayur gabus pucung? Dalam kuliner Betawi, sayur gabus pucung adalah top menu-nya. Yaa, kalau di Rumah Makan Padang, sayur gabus pucung ini ibarat rendangnya gitu. Spesial banget deh pokoknya!

Bahan utama dari sayur ini adalah ikan gabus goreng kemudian diramu dengan rempah-rempah khusus yang di dalamnya juga termasuk kluwek. Bahan inilah yang membuat kuahnya menjadi hitam seperti kuah rawon.

Sayur Gabus Pucung terkenal menjadi makanan khas Kota Bekasi sejak 1980-an. Awalnya bermula dari ikan gabus yang banyak hidup liar di rawa-rawa seantero Bekasi. Masyarakat berinisiatif memanfaatkan potensi tersebut dan diolah menjadi berbagai hidangan salah satunya Sayur Gabus Pucung.

Bandeng Rorod

Berbeda dengan bandeng presto yang memiliki duri lunak, bandeng rorod adalah bandeng tanpa duri. Dengan olahan yang pintar dan racikan bumbu khusus, semakin membuat makanan khas Bekasi ini terasa lebih nikmat dan mantap.

Nama Bandeng Rorod berasal dari proses penghilangan tulang dengan ditarik paksa yang dalam bahasa Betawi disebut rorod. Kemudian daging ikan bandeng dikerok untuk memisahkan dengan duri. Dijamin, Bandeng Rorod akan bikin Anda ketagihan!

Oblok Tongki

Namanya mungkin kurang familiar, tapi makanan ini khas Bekasi lho. Oblok Tongki merupakan makanan khas bekasi. Bahan dasar utamanya adalah daging bebek yang dipadukan dengan rasa pedas.

Tampilan Oblok Tongki saat disajikan seperti rendang karena dipenuhi dengan bumbu cabai kental. Rasa pedasnya tidak jauh berbeda dengan bebek rica-rica yang bisa diterima lidah.

Penulis: Opik
Editor: Fazaky