Ini Rangkuman Kinerja Bupati Eka Supria Atmaja Setahun Terakhir

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja (Foto: Istimewa)

Lintasbekasi.com, Cikarang Pusat – Setahun sudah Eka Supria Atmaja resmi dilantik menjadi Bupati Bekasi menggantikan Neneng Hassanah Yasin. Dengan jargon Bekasi Baru Bekasi Bersih, Eka fokus pada delapan program prioritas meliputi infrastruktur, pendidikan, ketenagakerjaan, pelayanan publik. Kesehatan, ekonomi kreatif dan seni budaya, tata kelola pemerintahan dan lingkungan hidup juga difokuskan.

Beberapa prestasi diraih Kabupaten Bekasi selama kepemimpinan Eka diantaranya Opini Wajar Tanpa Pengecualian ke-5 dari Badan Pemeriksa Keuangan. Gelar Awya Pariwara dari Kementerian Kesehatan atas upaya pelarangan iklan rokok di luar gedung.

Kabupaten Bekasi juga meraih penghargaan Program Kampung Iklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas kontribusi pengendalian perubahan iklim di Indonesia. Penghargaan Kabupaten Sehat – Swasti Saba Padapa juga diperoleh Kabupaten Bekasi dari Kementerian Dalam Negeri.

Predikat Kabupaten Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak turut diraih di setahun kepemimpinan Eka sebagai Bupati Bekasi.
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi juga telah membuka Taman Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) pertama di Desa Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur.

Baca juga: Pemkab Bekasi Akan Lakukan PSBB Parsial, Ekonomi Perlahan Berjalan Kembali

Pada sektor infrastruktur beberapa pembangunan yang dilakukan antara lain perbaikan jalan rusak di Kecamatan Babelan. Renovasi gedung sekolah salah satunya SDN Samudera Jaya 04, Kecamatan Tarumajaya. Jembatan Pebayuran dan Rengasdengklok juga berhasil diselesaikan pada setahun pertama kepemimpinan Eka.

Pada setahun pertama kepemimpinannya, Eka juga fokus meningkatkan kualitas pelayanan publik untuk warga di Kabupaten Bekasi. Salah satunya dengan aplikasi Bebunge atau Bekasi Nyambung Bae. Aplikasi ini terintegrasi dengan call centre 112 dan diharapkan semakin memudahkan masyarakat dalam mengurus layanan publik.

Aplikasi lain yang diluncurkan Pemkab Bekasi adalah iBekasikab. Sebuah aplikasi perpusatakaan digital dengan tujuan meningkatkan tingkat literasi masyarakat di Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Polemik Pemilihan Wabup Bekasi, Tim Verifikasi Temukan Kejanggalan

Penulis: Allawuddin
Editor Firmadi