Lagi, Alutsista Milik TNI Jatuh Saat Latihan

Alutsista Milik TNI AU (Foto: Istimewa)

Lintasbekasi.com – Insiden alutsista milik TNI jatuh kembali terjadi di bulan Juni. Terbaru, pesawat tempur jenis Hawk type 209 TT milik TNI AU jatuh di permukiman warga Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar Riau, Senin (15/6/2020) pagi.

Menurut informasi dari Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU, Marsma Fajar Adriyanto insiden tersebut terjadi pukul 08.13. Marsma Fajar mengatakan pesawat tempur tersebut sedang menjalani latihan rutin dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Saat insiden pesawat diterbangkan oleh Lettu Pnb. Aprianto Ismail. Sebelum pesawat jatuh dan terbakar sang pilot berhasil keluar dengan kursi lontar. Pilot tersebut mendarat di rumah warga tidak jauh dari lokasi pesawat terbakar. Saat ini pilot tersebut sedang mendapat perawatan di RSAU dr. Soekirman Lanud Roesmin Nurjadin.

Baca juga: Ini Cara Pendaftaran PPDB Kota Bekasi 2020

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat ini sedang menuju Pekanbaru untuk mengetahui lebih lanjut insiden jatuhnya pesawat tempur di Kampar.

Insiden jatuhnya alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan) milik TNI sebelumnya juga terjadi pada (6/6/2020). Sebuah helikopter jenis MI-17 milik TNI AD jatuh di Kawasan Industri Kendal saat sedang melakukan latihan terbang endurance. Insiden tersebut mengakibatkan empat prajurit gugur.

Sebelumnya insiden pesawat jatuh di Kampar juga pernah terjadi delapan tahun lalu. Tepatnya pada (16/10/2012) sebuah pesawat Hawk 200 milik TNI AU jatuh. Tidak ada korban jiwa pada insiden tersebut karena pilot berhasil keluar dengan kursi lontar.

Baca juga: Trans Patriot Segera Kembali Beroperasi Layani Warga Kota Bekasi

Penulis: Allawuddin
Editor: Firmadi