Menkop UMKM dan Wakil Wali Kota Bekasi Temui Pedagang Pasar Kranggan

Menteri Koperasi dan UMKM (Teten Masduki) dan Wakil Wali Kota Bekasi (Tri Adhianto) Kunjungi Pasar Kranggan (Foto: Istimewa)

Lintasbekasi.com, Jatisampurna – Menteri Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (Menkop UMKM), Teten Masduki dan Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto menemui para pengusaha UMKM di Pasar Kranggan, Kecamatan Jatisampurna, Jumat (19/6/2020).

Pada kunjungan ini, Teten Masduki meninjau penerapan restrukturisasi pinjaman atau pembiayaan LPDB – KUMKM ke Koperasi Pasar Kranggan. Teten menyampaikan bahwa restrukturisasi adalah strategi dari Kemenkop UMKM agar pelaku usaha koperasi dan UMKM bisa bertahan dari pandemi COVID-19.

Ia juga menjelaskan Kemenkop UMKM berupaya meningkatkan penggunaan produk UMKM di pemerintahan dan BUMN melalui kerjasama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP).

“Jadi kebutuhan alat kantor, furnitur, konsumsi untuk rapat, dan lainnya bisa belanja produk UMKM, akan kami kurasi produknya. Semuanya akan ada di e-catalog,” ungkapnya.

Baca juga: New Normal, Pemkot Bekasi Persilakan Pengusaha Beraktivitas

Dalam kesempatan yang sama, Tri Adhianto menilai Koperasi Simpan Pinjam seperti Koperasi Pasar (KOPAS) Kranggan berperan penting untuk permodalan UMKM. Terbukti dari KOPAS Kranggan yang menjadi salah satu koperasi terbaik di Kota Bekasi tepatnya Kecamatan Jatisampurna.

“Ini luar biasa, hasil yang dicapai dan dirasakan warga masyarakat tidak saja disekitar jatisampurna, tetapi sudah mulai melangkah ke seluruh wilayah Kota Bekasi. Adanya Koperasi Kranggan turut membantu pemerintah membangun ekonomi kerakyatan skala mikro,” ungkap pria yang akrab disapa Mas Tri ini.

Mas Tri menargetkan setelah selesai adaptasi kebiasaan baru (new normal) minimal 65% dari 647 koperasi dan 203.000 UMKM se-Kota Bekasi dapat beraktivitas lagi dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Dalam kunjungan ini hadir juga Ketua KOPAS Kranggan, Anim Imanudin; Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop UMKM, Victoria; Direktur LPDB KUMKM, Supomo; Staf Khusus Menkop UMKM, Riza Damanik.

Baca juga: Pembukaan Mal Secara Bertahap, Kota Bekasi Siap Sambut New Normal

Penulis: Firmadi
Editor: Firmadi