Pemkab Bekasi Revitalisasi Pasar Induk Cibitung Jadi Standar Nasional

Kondisi Pasar Induk Cibitung (Foto: Istimewa)

Lintasbekasi.com, Cikarang Pusat – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi dan pihak swasta PT Citra Prasasti Konsorindo telah sepakat bekerja sama dalam revitalisasi Pasar Induk Cibitung.

Melalui kerja sama dengan skema Build Operate Transfer (BOT) pasar yang berada di Kecamatan Cibitung ini akan diubah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Syarat pasar SNI diantaranya sirkulasi udara dan pencahayaan yang tertata dengan baik, bersih, dapat diakses semua orang termasuk lansia dan disabilitas. Memiliki ruang laktasi, toilet bersih, pos kesehatan, pos keamanan, tempat ibadah, serta sarana telekomunikasi dan ruang informasi.

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengatakan biaya yang dibutuhkan untuk revitalisasi senilai Rp190 miliar dengan estimasi pengerjaan selama 18 bulan.

Baca juga: Menkop UMKM dan Wakil Wali Kota Bekasi Temui Pedagang Pasar Kranggan

“Revitalisasi Pasar Induk Cibitung nantinya akan mengusung konsep zero waste atau nol limbah dan sesuai dengan konsep pasar Standar Nasional Indonesia (SNI),” kata Eka.

Eka berharap dengan konsep seperti itu, Pasar Induk Cibitung dapat menjadi bangunan yang ramah lingkungan, menjadi kebanggan masyarakat Kabupaten Bekasi dan penggerak roda perekenomian masyarakat.

Sementara itu Kepala Cabang PT Citra Prasasti Konsorindo, Mochammad Faisol mengatakan permasalahan utama di pasar tradisional adalah sampah dan saluran drainase.

“Dalam revitalisasi nantinya, kita akan bangun bangunan bertingkat. Lokalnya itu nanti akan di bawah, bukan di atas. Lantai dua nantinya kita siapkan foodcourt dan parkir motor. Untuk bongkar muat kita tata supaya semuanya teratur,” kata Faisol.

Baca juga: Ini Rangkuman Kinerja Bupati Eka Supria Atmaja Setahun Terakhir

Penulis: Ghani N
Editor: Firmadi