PPDB Kota Bekasi Jalur Zonasi Dikeluhkan Orang Tua Siswa

Ilustrasi PPDB Online (Foto: Istimewa)

Lintasbekasi.com, Bekasi Timur – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Bekasi telah memulai jalur zonasi sejak 1 Juli 2020. Penerimaan dengan jalur zonasi yang mengutamakan jarak rumah ke sekolah mendapat banyak keluhan dari orang tua siswa.

Mayoritas keluhan disebabkan titik koordinat dari rumah menuju sekolah yang salah. Salah satunya Dewi (50) orang tua siswa yang mendaftarkan anaknya ke SMPN 10. Tetapi tidak diterima karena jarak rumah ke sekolah 1.072 meter, padahal ada calon siswa yang lebih jauh diterima.

“Titik koordinat jarak antara sekolahan ke rumah kita tidak sesuai, itu kata saya titik koordinatnya ngaco. Soalnya jarak rumah saya sama sekolahan itu enggak terlalu jauh, 5 menit 10 menit juga udah sampai,” ungkap Dewi, Kamis (2/7/2020).

Hal yang sama juga dialami Reni (40) yang ingin mendaftar ke SMPN 50. Ia mengeluhkan jarak titik koordinat yang berbeda antara website pendaftaran dengan aplikasi pemeriksa jarak.

“Harusnya jarak saya 983 meter ke sekolah, ini kenapa tiba-tiba di website pendaftaran malah 1,2 Kilometer,” ucap Reni.

Baca juga: Terkendala Data Kependudukan, PPDB Kota Bekasi Mundur

Reni menceritakan bahwa ada tetangganya yang juga mendaftar ke sekolah tersebut dan diterima. Sementara ia tidak diterima karena titik koordinat yang salah.

Menanggapi berbagai keluhan dari orang tua, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Uu Saeful Mikdar menjelaskan bahwa hal tersebut disebabkan kesalahan manusia.

“Ya harus diakui kalau bicara berkenaan dengan zero human error biasa terjadi. Mohon maaf teman verifikator itu kerja dua shift ada pagi dan siang memberikan pelayanan,” kata Uu, Kamis (2/7/2020).

Uu meminta calon murid yang dirugikan dengan kesalahan titik koordinat bisa mendatangi Kantor Disdik Kota Bekasi untuk melakukan perbaikan data. Orang tua siswa diharapkan membawa dokumen pendaftaran yang asli.

Baca juga: Ini Cara Pendaftaran PPDB Kota Bekasi 2020

Penulis: Ghani N
Editor: Firmadi