Heboh, Palestina Tidak Ada di Google Maps

Perbedaan Peta Palestina Dulu dan Sekarang (Gambar: Istimewa)

Lintasbekasi.com – Kecaman muncul dari para warganet asal Timur Tengah terhadap Google dan Apple yang tidak menampilkan Palestina di aplikasi Google Maps serta Apple Maps.

Kecaman ini pun sempat menjadi trending topic di Twitter dengan tagar #FreePalestine. Para warganet pun membuat cuitan dengan tangkapan layar yang menunjukkan tidak ada label Palestine, hanya Gaza Strip (Jalur Gaza) dan West Bank (Tepi Barat).

Sebelumnya isu yang sama menghebohkan dunia maya pada 2016. Pada saat itu Google mengonfirmasi bahwa pihaknya tidak pernah membuat label Palestina hanya ada Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Baca juga: Libur Tilang di Kota Bekasi Berakhir, Ini Jadwal Razianya

Saat memeriksa langsung Google Maps dengan memasukan kata kunci Palestina tidak muncul peta wilayahnya. Hanya tercantum deskripsi wilayah Palestina di sebelah kiri layar. Sementara di peta hanya tertera dua wilayah Palestina yaitu Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Konflik Palestina-Israel terus meningkat sejak pemerintah Israel menjadikan Yerusalem sebagai ibukota negaranya. Keputusan ini juga didukung Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Selain itu pemerintah Israel melalui Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah berencana melakukan pengambilalihan wilayah secara paksa (aneksasi) Tepi Barat dari Palestina.

Baca juga: Tidak Memakai Masker di Tempat Umum Warga Bekasi Akan Didenda

Penulis: Adi N
Editor: Firmadi