Tidak Memakai Masker di Tempat Umum Warga Bekasi Akan Didenda

Warga Memakai Masker (Foto: Istimewa)

Lintasbekasi.com, Bekasi Selatan – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan membuat kebijakan denda untuk warga Jawa Barat yang tidak memakai masker saat beraktivitas di tempat umum.

Kebijakan ini rencananya diterapkan pada 27 Juli di Jawa Barat untuk meningkatkan kedisiplinan warga yang masih rendah dalam penggunaan masker di tempat umum.

“Tanggal 27 Juli 2020 kita akan ada denda Rp100.000-150.000 kepada mereka yang tidak pakai masker di ruang publik,” kata pria yang disapa Kang Emil ini.

Sementara itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyetujui kebijakan yang telah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Barat.

Baca juga: Ada Kasus Baru, Kabupaten Bekasi Perpanjang PSBB Proporsional

“Ya kan secara hierarki bahwa Kota Bekasi kan bagian dari regionalnya Jawa Barat. Kalau Pak Gubernur sudah menetapkan itu berarti aturannya mengikat, mengikat Kota Bekasi, Ciamis, Kuningan dan lain-lain,” ujar pria yang akrab disapa Bang Pepen ini.

Menurut Bang Pepen, di Kota Bekasi mayoritas warga sudah taat dan terbiasa menggunakan masker saat beraktivitas di tempat umum. Ini dapat dilihat saat pelaksanaan Car Free Day pada akhir pekan lalu.

“Di CFD aja sudah kelihatan kemarin secara umum sudah pakai masker, kalau satu atau dua orang memang masih ada, nah itu yang mau dijatuhi sanksi,” terangnya.

Baca juga: Kabupaten Bekasi Refocusing Anggaran Rp1,3 Triliun untuk Penanganan COVID-19

Penulis: Alawuddin
Editor: Firmadi