Gedung Juang Tambun akan Direnovasi Jadi Museum

Gedung Juang Tambun (Foto: Istimewa)

Lintasbekasi.com, Cikarang Pusat – Bangunan bersejarah di Kabupaten Bekasi, Gedung Juang Tambun akan segera direnovasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menjadi Museum.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong mengatakan renovasi akan dilaksanakan dalam waktu dekat dengan anggaran sebesar Rp38,1 miliar.

Rahmat menjelaskan Pemkab Bekasi akan menjadikan gedung yang berlokasi di Jalan Sultan Hasanudin ini menjadi museum dengan konsep diorama sejarah Kabupaten Bekasi. Selain itu gedung yang memiliki nama asli Landhuis Tamboen ini akan menjadi pusat informasi dan wisata edukasi masyarakat.

Baca juga: Kabupaten Bekasi Refocusing Anggaran Rp1,3 Triliun untuk Penanganan COVID-19

“Gedung Juang ini akan menjadi salah satu ikon kebanggan warga Kabupaten Bekasi. Kita harus menjaga dan memeliharanya dengan baik,” kata Rahmat.

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja berharap renovasi Gedung Juang dapat selesai pada Agustus bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke 70 pada 15 Agustus 2020.

“Saya punya keinginan saat Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Kabupaten Bekasi dapat terlaksana di Gedung Juang,” ucapa Eka.

Pemkab Bekasi juga menyiapkan pembangunan alun-alun dan air mancur untuk menjadi ikon pariwisata di Kabupaten Bekasi melengkapi Gedung Juang Tambun.

Baca juga: Ini Bangunan Bersejarah di Bekasi yang Harus Kalian Tahu

Penulis: Adi N
Editor: Firmadi