Tiga Tips Meminjam di Aplikasi Pinjaman Online dari JRT Law Office

Jeffry Ruby Tampubolon, SH (Kanan) dan Aris M.A.O Siregar, SH (Kiri) dari Kantor Hukum Jeffry Ruby Tampubolon, SH & Rekan (Foto: Istimewa)

Lintasbekasi.com – Saat ini aplikasi pinjaman online menjadi pilihan alternatif masyarakat yang membutuhkan pendanaan. Persyaratan yang mudah dan pencairan dana dengan waktu relatif cepat menjadi daya tawar utama dari pinjaman online.

Dasar hukum dari pinjaman online adalah Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Saat ini sudah ada ratusan perusahaan financial technology (fintech) yang menyediakan fasilitas pinjaman online.

Mereka semua tergabung dalam Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI). Bergabung ke AFPI menjadi salah satu syarat memperoleh izin dari OJK untuk bisa memberikan jasa pinjaman online.

Di balik kemudahan saat meminjam, pinjaman online juga menimbulkan banyak permasalahan di masyarakat. Diantaranya bunga yang tinggi dan tanpa batas, penagihan yang tidak sesuai prosedur, penggunaan akses data pribadi peminjam oleh fintech. Masyarakat juga sering disulitkan untuk pembayaran cicilan.

Baca juga: Ini Dia, Empat Tips Hadapi Debt Collector

Agar masyarakat bisa meminjam dengan tepat di aplikasi fintech, berikut ini tips yang diberikan dari Kantor Hukum Jeffry Ruby Tampubolon, SH & Rekan.

1. Pilih Aplikasi yang Terdaftar di OJK

Tips pertama saat meminjam online adalah memverifikasi aplikasinya terlebih dahulu. Kalian bisa memeriksa di web AFPI untuk melihat aplikasi yang sudah terverifikasi OJK.

2. Analisa Kebutuhan Anda

Tips kedua yaitu dengan analisa kebutuhan anda. Pastikan uang yang anda pinjam tidak berlebihan dan sesuai dengan kemampuan untuk membayar cicilannya. Hindari meminjam melebihi kemampuan anda.

3. Buat Perbandingan Beberapa Aplikasi

Tips ketiga, anda harus membandingkan beberapa aplikasi yang terverifikasi sebelum mengajukan pinjaman. Lihat aplikasi yang memberikan keuntungan paling besar untuk anda. Misalnya bunga yang rendah, pencairan paling cepat dan syarat paling mudah.

Baca juga: PPDB Dikeluhkan Warga, Kantor Hukum Jeffry Ruby Tampubolon & Rekan Buka Posko Advokasi

Penulis: Firmadi
Editor: Firmadi