Pasien COVID-19 Kota Bekasi Dibebaskan Biaya Perawatan

Ilustrasi Penanganan Pasien COVID-19 (Foto: Shutterstock)

Lintasbekasi.com, Bekasi Selatan – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Surat Edaran Wali Kota Bekasi Nomor 440/5081/DINKES menginformasikan bahwa pasien positif COVID-19 tidak dikenakan biaya perawatan di rumah sakit.

Dalam surat edaran tersebut, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menyatakan Rumah Sakit di Kota Bekasi tidak diperkenankan membebankan biaya pelayanan kesehatan kepada pasien positif COVID-19.

Biaya perawatan pasien COVID-19 dapat diklaim oleh pihak Rumah Sakit ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui email pembayaranklaimcovid2020@gmail.com dan ditembuskan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi melalui email daftarpasiencovidbekasi@gmail.com.

Baca juga: Gawat, Ada Ratusan Pekerja Pabrik LG Bekasi Positif COVID-19

Namun ada pengecualian untuk pasien COVID-19 yang memiliki penyakit penyerta. Seluruh biaya untuk perawatan penyakit penyerta dari pasien COVID-19 dibebankan ke pasien.

Bila ada pasien masih berstatus terduga COVID-19 yang tidak ditanggung biayanya oleh Kemenkes dapat menginformasikan ke Dinkes Kota Bekasi. Selanjutnya Pemkot Bekasi akan menanggung biaya pasien dari program Layanan Kesehatan Masyarakat (LKM).

Selain biaya perawatan di rumah sakit, Pemkot Bekasi juga menanggung biaya pemulasaran jenazah pasien positif COVID-19. Biaya yang ditanggung meliputi kafan, ambulans jenazah, dan rumah sakit.

Baca juga: Rekor, Kasus Sembuh COVID-19 Hari Ini 2.133 Orang

Penulis: Ghani N
Editor: Firmadi