Bahasa Khas Bekasi, Hasil Percampuran dengan Etnis dan Budaya Lain

Ilustrasi Orang Mengobrol (Foto: Dakwatuna)

Lintasbekasi.com – Saat perang kemerdekaan Republik Indonesia, Bekasi pernah menjadi tempat berbagai peristiwa pertempuran.

Perkembangan bahasa erat kaitannya dengan perkembangan budaya yang terjadi di masyarakatnya. Pengaruh letak geografis menjadi unsur kuat dalam mempengaruhi budaya di Bekasi.

Dikutip dari situs West Java Incorporated, unsur budaya yang ada Bekasi merupakan campuran antara budaya Sunda dan Betawi.

Bahasa yang digunakan warga lokal Bekasi sangat unik, orang asli Bekasi umumnya berbicara dengan bahasa Sunda atau hanya dialeknya.

Akan tetapi, diksi dan kata-kata yang diucapkan warga bekasi sering kali condong mirip bahasa dan dialek Betawi. Hal ini berkaca pada fakta bahwa Bekasi adalah kota tujuan urbanisasi.

Melayu juga memiliki peran besar dalam pencampuran bahasa dan budaya di Bekasi. Orang Melayu banyak tersebar di Pondok Gede, Babelan, Tambun, Cikarang, Cabang Bungin, dan Setu.

Baca juga: Sumur Hulu Cai, Situs yang Dipercayai Keramat oleh Warga Kampung Kranggan

Bali tidak absen dalam fenomena akulturasi budaya di Bekasi. Bahkan terdapat kampung Bali di Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bekasi.

Dikutip dari Jurnal Unisma Bekasi, contoh pengaruh bahasa Bali terdapat pada peluruhan awalan me- dan penggunaan akhiran –in.

Selain itu, budaya Tiongkok juga ikut mempengaruhi budaya Betawi karena sejak lama etnis Tionghoa bermukim di muara sungai Ciliwung, Jakarta.

Masyarakat Bekasi sering menghitung dalam hitungan bahasa Tiongkok seperti cepek, gopek, dan lainnya dalam penggunaan bahasa sehari-hari.

Kesenian topeng khas Bekasi adalah salah satu bentuk perwujuduan akulturasi budaya dari musik Sunda serta warna yang Bali digunakan di dalamnya.

Lenong denes juga memainkan cerita-cerita panji yang berasal dari unsur sastra Jawa.

Baca juga: Kampung Persaudaraan Bekasi Yang Toleransi Antar Agama

Penulis: Fazaky
Editor: Fazaky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here