Jumat, November 22, 2019

Bekas Rawa Kotor, Kini Situ Gede jadi Wisata yang Digandrungi Para Pelancong

Kawasan Wisata Situ Rawa Gede (Foto: Mytrip123)

Lintasbekasi.com, Rawa Lumbu – Berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Bekasi terdapat tempat dengan pemandangan cantik yang dikenal Situ Rawa Gede. Berlokasi di Kelurahan Bojong Menteng, Kota Bekasi, letaknya persis di samping Gedung Kesenian Kota Bekasi.

Lokasi ini merupakan danau dengan seluas 7,3 hektar yang masih dalam proses pengembangan untuk menjadi kawasan wisata air dengan pemandangan alami dan asri. Tempat ini ramai dikunjungi oleh warga untuk sekadar bersantai atau berlibur dengan keluarga.

Suasana alam yang masih asri sangat terasa di kawasan Situ Gede ini. Banyak pepohonan tumbuh mengelilingi kawasan tersebut. Bersama dengan Curug Parigi, Situ Rawa Gede merupakan objek wisata alam yang belum tergarap maksimal oleh pemerintah setempat. Bahkan, dibandingkan Curug Parigi, Situ Rawa Gede belum dikenal oleh para pelancong.

Kabarnya, dahulu Situ Gede merupakan danau yang terbengkalai sehingga mirip dengan rawa-rawa kotor. Akhirnya Pemerintah Kota Bekasi membenahi Situ Gede sebagai wisata alam walaupun hingga kini belum sepenuhnya terlaksana.

Meskipun belum sempurna dikembangkan, kawasan ini memiliki fasilitas berupa pemancingan alami. Tidak diketahui pasti jenis apa saja yang berada di dalam danau tersebut, namun warga banyak yang mencoba untuk memancing gratis di tempat umum ini.

Baca juga: Situ Rawa Gede Diberi Kapal Getek oleh Komunitas Amphibi

Pasalnya, tidak sedikit ikan air tawar yang biasa menghuni Danau Situ Gede biasanya terdapat, ikan nila, ikan mas, ikan bawal, ikan gurame, ikan gabus, hingga ikan lele. Kemungkinan beberapa spesies tersebut mendiami dasar Danau Situ Gede yang memiliki luas melebihi 7 hektar tersebut.

Fasilitas yang Ditawarkan

Fasilitas lainnya disediakan juga penyewaan perahu atau rakit sederhana untuk berkeliling di Situ Gede. Pengunjung dapat sekaligus menikmati pemandangan hijau sekitar danau. Untuk beberapa wahana air kedepannya akan ditambah mengingat Pemkot Bekasi masih mengembangkan kawasan wisata ini.

Semua fasilitas yang tersedia saat ini di Situ Rawagede, Bojongmenteng, hasil swadaya atau kas LSM Amphibi. Semua fasilitas memanfaatkan barang bekas seperti ban bekas dipakai untuk tempat selfie dengan latar belakang botol air mineral yang telah tersusun rata.

Seperti untuk sekali sewa fasilitas seperti perahu sekali jalan, untuk orang dewasa Rp10.000, anak Rp5000, dan sewa sepeda air Rp20 ribu. Itu untuk dua orang sekali pakai dengan lama 15 menitan. Kapisitas sebanyak 15-20 orang.

Saat ini, setiap akhir pekan, Sabtu-Minggu, di Situ Rawagede banyak dikunjungi warga sekitar atau pun dari kelurahan lain di daerah Bekasi.

Penulis: Jamilah
Editor: Jamilah

Berita Terkini