Senin, Oktober 14, 2019

Blangko Terbatas, 85 Ribu Warga Kota Bekasi Belum Miliki KTP-El

Ilustrasi Blangko E-KTP (Foto: Istimewa)

Lintasbekasi.com, Bekasi Selatan – Sekitar 85 ribu warga Kota Bekasi belum memiliki KTP Elektronik. Jumlah tersebut tercatat oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi.

Diketahui jumlahnya sulit untuk berkurang, lantaran terbatasnya blangko KTP-el yang diterima.

Kepala Disdukcapil Kota Bekasi, Taufiq Rachmat Hidayat mengatakan, saat ini hanya 500 keping blangko yang diterima dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) setiap bulannya.

”Ya jika 500 keping blangko kita terima setiap bulannya paling tidak akan selesai hingga belasan tahun warga memiliki KTP-el,” katanya, Selasa (24/9).

Dijelaskan Taufik, 85 ribu warga yang belum mengantongi KTP-el itu terdiri dari warga yang belum rekam data, kehilangan atau rusak hingga pindah domisili.

Baca juga: Sikapi Aspirasi Mahasiswa, Ketua DPR: “Ruang Sudah Terbuka, Tinggal di MK”85

”Mudah-mudahan nanti dalam tiga bulan kedepan, bisa seminggu sekali kita dapat blangko 500 keping. Sehingga dalam satu bulan kita bisa mencetak 200 KTP-el,” ucapnya.

Dijelaskannya, Kemendagri tahun 2020 akan mengajukan 50 juta keping blangko sehingga bisa meng-cover kekurangan di Disdukcapil Kota Bekasi. Pasalnya kata dia Kota Bekasi salah satu kota yang melakukan permohonan blangko KTP-el paling besar.

”Karena di Kota Bekasi pindah kontrakan saja buat KTP-el baru, itu cuma beda RT sudah ganti KTP yang begitu-begitu repot,” ujarnya.

Pihaknya menegaskan, kepada warga yang belum memiliki KTP-el dan baru memiliki surat keterangan (Suket) jika ada penolakan dari Perbankan maupun pihak lain, bisa diadukan ke Disdukcapil untuk ditindaklanjuti.

”Kalau ada warga yang ditolak menggunakan Suket tolong minta penolakan itu secara tertulis agar nanti bisa kami tindak. Karena Kemendagri dan Wali Kota sudah mengeluarkan surat edaran bahwa Suket untuk sekarang ini sebagai pengganti KTP-el jadi untuk warga silahkan mengadukan ke kami jika ada penolakan,” tutupya.

Penulis : Adinda
Editor : Adinda

Berita Terkini