Cegah COVID-19, Pemkot Bekasi Pakai Drone untuk Lakukan Sterilisasi di Sejumlah Titik

Para Petugas Bersiap Sebelum Melakukan Penyemprotan Disinfektan (Foto: Istimewa)

Lintasbekasi.com, Bekasi Selatan – Untuk mencegah penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melakukan sterilisasi dengan menyemprot disinfektan. Target penyemprotan adalah beberapa jalan protokol dan ruang publik di Kota Bekasi.

Polres Metro Bekasi Kota dan Dinas Pemadam Kebakaran bertanggung jawab dalam kegiatan ini. Penyemprotan dilakukan dengan menggunakan drone dan juga mobil water cannon.

Para anggota yang bertugas melakukan apel bersama sebelum penyemprotan dimulai. Apel tersebut dipimpin oleh Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Wijonarko S.I.K., M.Si. yang didampingi oleh Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto dan Dandim 0507, Letkol Inf. Rama Pratama di Plaza Pemkot Bekasi, Selasa (31/03/2020).

Pemkot Bekasi juga berkolaborasi dengan beberapa komunitas drone untuk membantu mereka melaksanakan tugas itu. Komunitas tersebut diantaranya Federasi Drone Indonesia, Kalong dan Agrodrone. Dua armada drone dikerahkan untuk menyemprotkan disinfektan.

Baca juga: Muin Hafied Lakukan Aksi Nyata Berantas COVID-19 dengan Penyemprotan Disinfektan

Petugas Mengendalikan Drone yang Menyemprotkan Disinfektan (Foto: Istimewa)

“Ini pertama kita berkolaborasi dengan komunitas drone dan dibantu dengan mobil water cannon dari Polres,” tutur Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto.

Adapun titik-titik spesifik penyemprotan tersebut meliputi ruas Jl. Ahmad Yani, Jl. Sultan Agung dan Jl. Juanda.

Stadion Patriot Candrabhaga pun menjadi target penyemprotan, disebabkan oleh status stadion tersebut sebagai solusi alternatif untuk mengisolasi Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sekiranya ruang di RSUD Kota Bekasi tak cukup.

“Ada 55 bed yang disiapkan, semoga apa yang kita siapkan ini tidak sia-sia karena saya yakin, masyarakat Kota Bekasi sehat semua, asal mau sama-sama saling menjaga, menjaga jarak dan menjaga kesehatan,” ucap Tri Adhianto.

Baca juga: Pandemi COVID-19, Jokowi Putuskan Pembatasan Skala Besar dan Darurat Kesehatan

Penulis: Fazaky
Editor: Fazaky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here