Senin, Februari 17, 2020

Cegah Penyebaran Virus Corona, Rumah Sakit dan Puskesmas di Kota Bekasi Diminta Siaga

Ilustrasi Virus Corona (Gambar: Shutterstock)

Lintasbekasi.com, Medan Satria – Rumah Sakit dan Puskesmas di Kota Bekasi diminta siaga dalam menghadapi penyebaran virus corona yang berasal dari Kota Wuhan, Tiongkok. Permintaan ini merupakan tindak lanjut dari surat edaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi yang sudah disampaikan ke seluruh fasilitas kesehatan di Kota Bekasi.

Kepala Bidang Pegendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Dezy Syukrawati menjelaskan surat edaran tersebut merupakan bentuk kewaspadaan atas penyebaran virus ini.

Baca juga: Berikut Rumah Sakit Yang Bekerjasama Pemkot Bekasi Layani Program KS – NIK 2020

Ia menambahkan seluruh Rumah Sakit dan Puskesmas untuk melakukan deteksi, pencegahan, antisipasi, dan respon bila menerima pasien dengan kasus gejala pneumonia berat. Ini dikarenakan virus ini memiliki gejala yang mirip dengan pneumonia.

“Ada beberapa kasus diduga Pnemonia berat, tapi untuk virus corona belum ada (kasus terdeteksi di Kota Bekasi),” ungkap Dezy.

Selain itu untuk mencegah terjadinya kejadian luar biasa (KLB), pihak Dinkes melalui surat edaran juga meminta dilakukan pelaporan berjenjang bila ada temuan kasus pasien dengan gejala pneumonia berat.

Baca juga: Yuk Simak, Hal Ini yang Harus Kamu Lakukan Agar Tidak Tertular Hepatitis A

Penulis: Abil
Editor: Abil

Berita Terkini