Senin, Februari 17, 2020

Februari, Uji Coba Tilang Elektronik di Kabupaten Bekasi Siap Dilakukan

Ilustrasi Kamera CCTV Tilang Elektronik (Foto: Otoblitz)

Lintasbekasi.com, Cikarang Pusat – Tilang elektronik di wilayah Kabupaten Bekasi akan mulai diuji coba pada Februari 2020. Lokasinya berada di simpang Sentra Grosir Cikarang, Jalan R.E. Martadinata.

Setelah pelaksanaan uji coba, akan dilakukan sosialisasi publik ke masyarakat. Kemudian penerapannya akan berada di tiga titik.

“Maret mendatang diterapkan secara resmi di dua titik lain, yakni bundaran golf Jababeka dan Mal Lippo Cikarang,” kata Kapolres Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan, Kamis (30/1/2020).

Baca juga: Rencana Pemberlakuan Tilang Elektronik di Kabupaten Bekasi

Hendra menjelaskan tilang elektronik mengadopsi penerapan serupa di Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Timur. Sementara itu pengadaan kamera bersumber dari hibah Pemerintah Kabupaten Bekasi ke Polres Metro Bekasi.

Pada tahap awal, tilang elektronik di Kabupaten Bekasi akan menindak tiga pelanggaran yang dilakukan pengendara mobil yaitu tidak menggunakan sabuk pengaman, menggunakan telepon genggam saat berkendara, dan berkendara dengan kecepatan tinggi.

“Ke depan kami juga akan kembangkan (tilang elektronik) untuk naik-turun penumpang sembarangan, kemudian melanggar marka jalan. Kami akan kembangkan ke arah sana sehingga faktor-faktor yang menyebabkan kemacetan itu bisa tereduksi,” tambah Kombes Hendra.

Baca juga: Jalan Ahmad Yani akan Menjadi Percontohan Program Tilang Elektronik

Penulis: Abil
Editor: Abil

Berita Terkini