Senin, Oktober 14, 2019

Kang Emil Meletakan Batu Pertama Sebagai Tanda Revitalisasi Kalimalang Dimulai

Peletakan Batu Pertama Revitalisasi Kalimalang yang Dilakukan Ridwan Kamil dan Rahmat Effendi (Foto: Istimewa)

Lintasbekasi.com, Bekasi Selatan – Proyek revitalisasi Kalimalang akan dilangsungkan hari ini. Ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Kota Bekasi.

Pria yang kerap disapa Kang Emil itu memiliki harapan lebih besar dari sekadar mewujudkan visi dan misi program yang ia janjikan dulu. Harapannya ingin menjadikan Bekasi sebagai kota yang bahagia dan membahagiakan warganya.

“Tugas kami adalah membawa perubahan dan perubahan itu baru dimulai. Momen ini (revitalisasi Kalimalang) yang sudah kita tunggu-tunggu. Saya doakan Kota Bekasi jadi kota yang membahagiakan,” kata Emil di Bekasi, Rabu (25/9/2019).

Ciri kota yang bahagia, lanjutnya, adalah hidup warganya harus seimbang antara waktu bekerja, istirahat, dan rekreasi. Selain itu, jika warga di sebuah kota sudah malas keluar rumah, berarti ada yang salah dengan kota tersebut.

“Salah satu ciri kota yang baik itu warganya kangen ke luar rumah. Nah, suatu hari Kalimalang harus dirindukan. Kalau sudah mencapai tahap itu, berarti kotanya sudah memberi rasa aman dan nyaman yang lengkap,” ujarnya.

Baca juga: Ini Penyebab Revitalisasi Kalimalang Tidak Kunjung Terealisasi

Kang Emil menegaskan pihaknya fokus pada fungsi sosial air yang bisa membuka ruang pariwisata di setiap wilayah. Hal itu lantaran pariwisata menggelontorkan banyak sisi positif yang bisa menimbulkan multi-manfaat bagi banyak pihak, terutama masyarakat.

Dia bercerita, saat dulu menjabat sebagai Wali Kota Bandung dan membenahi Kali Cikapundung menjadi obyek wisata baru, banyak warga merasa senang. Tidak hanya sisi wisata saja, tapi juga terjadi efek ekonomi positif.

“Ada ibu-ibu bilang ke saya katanya anaknya sudah tidak mau ke mal lagi karena maunya main di taman saja. Ibunya jadi bisa bawa bekal sendiri. Ini selain fungsi rekreasi, juga ada penghematan ekonomi yang dirasakan,” katanya.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyambut baik revitalisasi Kalimalang yang pengerjaannya mulai dilakukan. Dia bersyukur karena warga Bekasi sebentar lagi memiliki area bereskpresi dan berekreasi yang nyaman.

“Kami mengucapkan terima kasih, apresiasi setinggi-tingginya pada Bapak Gubernur yang sudah peduli luar biasa pada masyarakat Kota Bekasi. Mudah-mudahan ini bukan yang terakhir dan akan ada sinergi-sinergi lain yang berdampak baik bagi masyarakat,” ujarnya.

Penulis: Jamilah
Editor: Jamilah

Berita Terkini