Senin, Oktober 14, 2019

KLHK Inginkan Pemda Mengedukasi Masyarakat Terkait TPS Ilegal Cemari Sungai

Tempat Pembuangan Sampah Ilegal di Pinggir Kali (Foto: Vitorio Mantalean/Kompas)

Lintasbekasi.com, Bekasi Selatan – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menginginkan agar Pemerintah Daerah mau mensosialisasikan. Hal itu berupaya mengedukasi masyarakat agar lebih peduli lingkungan sekitar.

Hal Ini, dilakukan untuk menindaklanjuti banyaknya tempat pembuangan sampah (TPS) ilegal di hampir semua wilayah Indonesia yang berpotensi mencemari sungai serta menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan.

“Ini yang jadi penekanan kami dimana kepemimpinan kepala daerah dan jajaran untuk bisa terus menerus menggerakkan masyarakat supaya tidak lagi buang sampah di tempat sembarangan,” kata Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono kepada ayobekasi.net, Rabu (25/9/2019).

Dia menilai, Pemerintah Kota Bekasi sudah menerapkan konsep dan strategi yang tepat dalam menggerakkan kesadaran masyarakat terkait sampah. Strategi itu di antaranya melalui bank sampah, penanaman tanaman hidroponik, dan upaya pengelolaan sampah menjadi energi listrik.

Baca juga: Penemuan Saluran Pembuangan Limbah Ilegal di Kali Bekasi

“(Pemkot) Bekasi sudah memulai itu dengan terus bertambahnya bank-bank sampah yang ada di sini. Kota Bekasi sudah peduli dengan lingkungan. Contohnya Taman Hutan Kota yang disulap jauh lebih bersih dan ramah anak,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono mengungkapkan bahwa permasalahan sampah di Bekasi sudah sangat kompleks. Diperlukan komitmen, juga upaya dari semua pihak untuk bisa mengatasinya secara bersama-sama.

Selain memperbanyak bank-bank sampah, pihaknya pun melakukan edukasi pada siswa sekolah, ibu rumah tangga, hingga masyarakat umum mengenai penggunaan plastik yang lebih bijak.

“Saya berharap masyarakat sudah mulai mengurangi penggunaan plastik karena fenomena sampah plastik di Indonesia ini sudah memprihatinkan,” kata Tri beberapa waktu lalu.

Adapun aksi nyata yang sudah dilakukan di lingkungan Pemkot Bekasi, di antaranya imbauan untuk membawa tumbler dan tempat makan sendiri, aktivasi bank sampah, serta gerakan menanam tanaman hidroponik.

Penulis: Jamilah
Editor: Jamilah

Berita Terkini