Selasa, Januari 28, 2020

Langkah Antisipasi Banjir, Pemkot Bekasi Akan Benahi DAS

Ilustrasi Sungai yang Meluap Menyebabkan Banjir (Foto: Istimewa)

Lintasbekasi.com, Bekasi Selatan – Dalam rangka mengantisipasi banjir agar tidak semakin parah di wilayah Bekasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan membenahi Daerah Aliran Sungai (DAS).

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyatakan bahwa ia dan pihaknya sudah menyusun, baik rencana hingga anggaran terkait langkah antisipasi tersebut.

“Jadi dari mulai perbatasan Bekasi Utara sampai dengan perbatasan Jatiasih untuk wilayah DAS akan dinormalisasi dan recovery” ungkap Rahmat, Minggu (12/11/2020).

“dengan menstandarisasi jarak bangunan atau hunian tempat tinggal dari sungai yaitu 15 meter, Jika ada bangunan-bangunan yang melanggar maka catat,” lanjutnya.

Baca juga: BPBD Kota Bekasi Masih Menerima Bantuan Untuk Korban Banjir

Pemkot Bekasi pun juga sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 4 triliun yang didapat dari Kementerian PUPR dalam rangka normalisasi, revitalisasi, dan recovery tanggul serta DAS.

Salah satu kejadian yang mendasari normalisasi ini adalah Meluapnya Kali Cikeas dan Kali Cileungsi yang bertemu di Kali Bekasi.

Meluapnya Kali tersebut menyebabkan seluruh perumahan yang dilintasi Kali terendam pada 1 Januari 2020 lalu.

Sementara itu, untuk penanganan pascabanjir, Rahmat telah menginstruksikan kepada seluruh aparatur di lapangan agar bekerja secara cepat dan tepat.

Bersinergi secara baik dengan warga setempat dan elemen manapun.

Baca juga: 25 Titik Sungai di Kabupaten Bekasi Perlu Normalisasi

Penulis: Ridho
Editor: Ridho

Berita Terkini