Selasa, Januari 28, 2020

Masa Tanggap Darurat Bencana di Bekasi Diperpanjang Tiga Bulan

Masa Tanggap Darurat Bencana di Bekasi Diperpanjang Tiga Bulan
Tim Pemadam Kebakaran dan Tim BPBD Kota Bekasi melakukan pembersihan lumpur di Jatiasih, Kota Bekasi, Senin (Foto. Humas Pemkot Bekasi)

Lintasbekasi.com – Pemerintah Kota Bekasi memperpanjang masa tanggap darurat di Bekasi sampai tiga bulan ke depan.

Sebelumnya, masa tanggap darurat bencana ini diberlakukan sejak tanggal 1 Januari 2020 dan telah diperpanjang hingga 15 Januari 2020. Namun, masa tanggap darurat bencana diperpanjang lagi hingga 3 bulan ke depan.

BMKG memprediksi bahwa curah hujan intensitasnya masih tinggi sampai bulan Maret ke depan. Alasan Pemerintah Kota Bekasi memperpanjang masa tanggap darurat bencana ini untuk mengantisipasi adanya banjir susulan.

Hal ini pun sudah dirapatkan dengan BMKG, Badan Penanggulangan Bencana Pusat dan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bekasi, semalam.

“Pertama perpanjangan status tanggap darurat itu karena rehabilitasi belum selesai di beberapa titik yang sebelumnya tergenang banjir. Dan kami mengantisipasi curah hujan yang masih tinggi sampai Maret,” ujar Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Rabu ‎(15/1/2020).

Baca juga: Rahmat Effendi Tinjau Proses Pembersihan Lumpur Banjir Sampai Malam

 

Rahmat Effendi mengungkapan bahwa masih ada wilayah yang tergenang lumpur cair akibat banjir. wilayah tersebut diantaranya Perumahan Kemang IFI, Perumahan Pondok Gede Permai (PGP), Komplek AL, Pondok Mitra Lestari dan Perumahan Jatiasih Indah. Hal ini terjadi dikarenakan kekurangan alat berat untuk membersihkan lumpur.

“Hingga saat ini, sejumlah pegawai teknis atau dinas yang bukan pelayanan telah diterjunkan untuk membantu membersihkan genangan lumpur,” katanya.

Menurutnya, pengerahan pegawai teknis ini sudah dilakukan sejak status darurat bencana awal tahun baru.

“Kami kerahkan pegawai dari organisasi perangkat daerah yang tidak masuk dalam pelayanan masyarakat, mereka bekerja bahu membahu bersama warga,” ucapnya.

Baca juga: Fasilitas Sekolah di Bekasi Rusak Akibat Banjir, Akan Segera Diganti

 

Penulis: Adnan
Editor: Adnan

Berita Terkini