Senin, April 6, 2020

Mengenal Haji Ilyasa, Veteran Tanpa Pamrih Asal Babelan

Veteran RI
Haji Ilyasa bin Haji Malih, veteran asal Babelan, mantan anggota Laskar Hisbullah (Foto: Randy Wirayudha/Historia)

Lintasbekasi.com – Pada masa perjuangan, KH Noer Ali mendirikan Laskar Hisbullah. Haji Ilyasa bin Haji Malih ini merupakan anggota laskar tersebut. Sebagai seorang veteran, para pejuang kemerdekaan ini mendapat tunjangan setiap bulannnya. Berbeda dengan yang lain, Haji Ilyasa memilih menolak tunjangan tersebut.

Haji Ilyasa mengikuti KH Noer Ali saat berusia 16-17 tahun. Ia dilatih oleh Thamam, mantan Heiho (tentara pembantu Jepang). Ia mengajari Haji Ilyasa menembak dan melempar granat Jepang yang kepala pinnya kuning (granat tangan type 97).

Haji Ilyasa menceritakan, pada 9 November 1945, terjadi baku tembak pertama Laskar Hisbullah dengan Inggris. Lokasinya di Pedaengan atau sekarang bernama Cakung, Jakarta Timur. Tepatnya di sekitar front garis demarkasi pasca Jakarta dijadikan kota diplomasi.

Baca juga: Mengenal Haji Riyan, Pemimpin Perjuangan Asal Kranji

Seperti yang diungkapkan dalam biografi Letkol Muffreni Mu’min, semua pasukan bersenjata kecuali polisi, diharuskan keluar dari Jakarta. Eksistensi Tentara Republik hanya boleh diwakili kantor penghubung di Jalan Cilacap Nomor 5. Kali Cakung dijadikan front terdepan.

Letkol Muffreni Mu’min tidak hanya menempatkan Batalyon III Bekasi, tapi juga meminta bantuan dari sejumlah laskar, termasuk Laskar Hisbullah.

“Kita mah enggak berharap tunjangan. Dulu kita ikut laskar kan juga udah disumpah jabatan sebagai anggota pakai Alquran segala di atas kepala kita. Bahwa kita berjuang tanpa pamrih. Kita berjuang jangan ngarepin gaji, kita berjuang dengan ikhlas,” ungkap Haji Ilyasa, melansir dari Historia.

Haji Ilyasa beranggapan, jika ia mengambil tunjangan tersebut, berarti ia melanggar sumpahnya sendiri. Beliau bahkan sering melihat orang yang mengaku-ngaku sebagai pejuang, padahal mereka tidak ikut berperang.

Baca juga: Mengenal Camat Nata, Jawara Asal Cibitung

Penulis: A.S
Editor: A.S

Berita Terkini