Mengenal KH Noer Ali, Pahlawan Nasional Asal Bekasi

Kh noer ali
KH. Noer Ali, Pahlawan Nasional (Foto: Istimewa)
Kh noer ali
KH. Noer Ali, Pahlawan Nasional (Foto: Istimewa)

Lintasbekasi.com – Dalam rangka menjelang Hari Pahlawan Nasional, pada 9 November 2006, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan gelar Pahlawan Nasional dan Bintang Mahaputra Adipradana pada KH Noer Ali. Beliau merupakan tokoh Bekasi pertama yang mendapatkan gelar Pahlawan Nasional.

Sepak terjang KH Noer Ali dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Bekerjasama dengan rekan dan murid-muridnya, bergerilya dari satu kampung ke kampung lainnya. Di wilayah timur Jakarta, hampir tidak ada tokoh nasional yang tidak mengenal dirinya.

Pahlawan kelahiran Ujungmalang pada 25 Juni 1913 ini merupakan sosok yang kharismatik. Kepandaiannya di dunia politik membuatnya kerap diperhitungkan oleh berbagai pihak. Beliau selalu ingat nasihat dari gurunya saat belajar ilmu agama di Mekah, Syekh Al Maliki, untuk tidak menjadi pegawai pemerintah.

Baca juga: Mengenal Hadji Djole, Pahlawan Bekasi Paling Ditakuti Militer Belanda

Konsisten akan hal tersebut, banyak peluang yang datang, namun KH Noer Ali selalu menolaknya. Seperti saat diminta oleh Wakil Residen Jakarta, Mohammad Moe’min untuk meneruskan jabatan sebagai Bupati Jatinegara tahun 1948. Lalu pada tahun 1951, beliau pernah menjadi Pejabat Bupati Bekasi, namun tidak diteruskan.

Saat Pemerintah Republik Indonesia menyelenggarakan Pemilihan Umum tahun 1955, Partai Masyumi yang merupakan partai yang KH Noer Ali pimpin di Bekasi meraih suara terbanyak. Setelah partai tersebut dibubarkan tahun 1960 oleh Presiden Soekarno, beliau fokus mengurus pesantren yang ia dirikan.

Adalah Bung Tomo yang mempopulerkan gelar KH di depan namanya pada awal kemerdekaan melalui corong radio di Surabaya. Semula dikenal dengan sebutan Guru Noer Ali. Beliau wafat pada 29 Januari 1992 di rumahnya di lingkungan Pondok Pesantren At Taqwa, Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Mengenal Sambas Atmadinata, Pahlawan Bekasi yang Jadi Menteri

Penulis: A.S
Editor: A.S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here