Mengenal Sambas Atmadinata, Pahlawan Bekasi yang Jadi Menteri

Sambas A.
Sambas Atmadinata, Pahlawan Bekasi (Foto: International Magazine Service)
Sambas A.
Sambas Atmadinata, Pahlawan Bekasi (Foto: International Magazine Service)

Lintasbekasi.com – Dari sekian banyak pejuang di tanah Bekasi, mungkin hanya Sambas Atmadinata yang pernah menjabat sebagai menteri. Pada era orde lama, meski sering ada pergantian menteri, Sambas selalu kebagian dan didaulat sebagai Menteri Muda urusan Veteran.

Sambas Atmadinata lahir pada tahun 1925. Sambas merupakan tokoh yang berpengalaman dalam memimpin Bekasi melawan Inggris dan Belanda, baik itu di Badan keamanan Rakyat (BKR), Tentara Keamanan Rakayat (TKR), maupun Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Sepak terjang Sambas Atmadinata dimulai saat bergabung dengan pasukan Pembela Tanah Air (PETA). Usai proklamasi disuarakan, Beliau ditunjuk sebagai Komandan Batalyon V BKR untuk wilayah Bekasi.

Baca juga: Asal-Usul Bekasi, Memutuskan Pisah dari Jakarta

Saat pertempuran di daerah Rawa Pasung pada 29 November 1945, pasukan BKR yang dipimpin Sambas melakukan sergapan terhadap pasukan Inggris. Beserta sejumlah laskar, warga Kranji, warga Rawa Pasung, dan sekitarnya bekerja sama melawan tentara sekutu.

Usai perang revolusi, Sambas masih konsisten berkecipung di dunia militer. Bahkan karirnya terus meningkat, hingga pangkat Mayor Jenderal. Pada Mei 1959, Sambas dipercaya oleh para veteran untuk menjabat sebagai Pimpinan Umum BPP Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) periode 1959 – 1965.

Sebagai penghargaan atas dedikasinya pada negeri di tanah Bekasi, sudah sewajarnya kita mengenang satu Sambas Atmadinata sebagai Pahlawan Bekasi.

Revolusi
Suasana di daerah Rawa Pasung, Bekasi pada 29 November 1945 (Foto: Imperial War Museums)

Baca juga: Monumen Bambu Runcing Jalan Juanda, Lambang Semangat Kota Bekasi

Penulis: A.S
Editor: A.S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here