Sabtu, Desember 14, 2019

Mengenang Bapak Teknologi Indonesia

Nasihat dari Pak B.J. Habibie (Foto: Tim Jurnal Anderpati)

Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang kita kenal dengan B.J. Habibie. Salah satu tokoh jenius yang memiliki iq 200. Lahir pada 25 Juni 1936 di Pare-pare, Sulawesi Selatan. B.J. Habibie merupakan presiden ke-3 di Indonesia sekaligus Seorang Insinyur Teknik kebanggan Indonesia, ia pun dikenal sebagai bapak teknologi & demokrasi Indonesia.

B.J. Habibie memulai pendidikannya di SD Pare-Pare, lalu SMP 5 Bandung, dan kemudian meneruskan di Gouvernments Middlebare school (SMAK Dago Bandung). Semasa beliau SMA beliau mendapat banyak prestasi di pelajaran ilmu eksakta, dan Setelah lulus SMA beliau melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan ia pun mengambil jurusan Teknik mesin.

Pada saat beliau masih kuliah presiden Ir. Soekarno membuka beasiswa bagi siswa cerdas dan berprestasi untuk menimba ilmu di luar negeri. Diketahui B.J. Habibie memilih jurusan Teknik penerbangan dengan spesialisasi kontruksi pesawat terbang di Rhein Westfalen Aachen Technische Hochschule.

B.J. Habibie dijuluki Mr.Crack karena menemukan progression Crack Theory, teori yang ditemukan Habibie ini mampu mengkakulasikan keretakan pesawat karena proses terbang landas dan membantu rancang desain pesawat modern guna menghindari kecelakaan. Bukan hanya teori, Habibie juga merancang pesawat N-250 saat ia diminta kembali ke Indonesia oleh Soeharto.

B.J. Habibie juga merancang pesawat Lockheed Martin C-130 Hercules. Model ini merupakan pesawat bermesin empat turboprop sayap tinggi yang punya fungsi membantu tugas militer. Karya B.J. Habibie lain adalah VTOL (Vertical Take Off & Landing) Pesawat Angkut DO-2, Hansa Jet 320, Airbus A-300 yang mampu menampung 300 penumpang, CN-235, Helikopter BO-105, Multi Role Combat Aircraft (MRCA).

B.J. Habibie Bersama putranya, Ilham Habibie mendirikan perusahaan bernama PT Region Aviasi Industri (RAI) yang memproduksi pesawat R80.

Begitulah perjalanan hidup Bapak Teknologi kita, Alm. B.J Habibie. Semoga beliau tenang disisi Yang Maha Kuasa.

Penulis: Tim Jurnal Anderpati

Berita Terkini