Senin, Oktober 14, 2019

Menhub Budi Karya Memastikan Pembangunan Tol Jakarta-Cikampek akan Rampung pada Oktober 2019

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (Foto: Lawjustice)

Lintasbekasi.com, Bekasi Timur – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memantau pembangunan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Elevated II, di KM 10, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (22/9/2019).

Pasalnya, Budi berharap pada November mendatang jalan tol tersebut sudah bisa dilintasi. Bahkan, jalan tol tersebut diproyeksikan mampu memangkas waktu tempuh Jakarta-Bandung.

“Artinya perjalanan dari Jakarta menuju Bandung bisa hanya membutuhkan waktu 2 jam atau minimal kurang dari 3 jam,” kata dia.

Ia juga memastikan proses kontruksi bisa rampung pada Bulan Oktober 2019. Untuk uji coba Tol Japek Elevated II sendiri akan dilakukan pada awal November mendatang.

Baca juga: Dua Pecuri di Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Tertangkap

Pemangkasan waktu tempuh itu, kata Budi, bisa dilakukan dengan perencanaan yang baik dari masing-masing pihak yang mengelola Tol Japek II Elevated. Misalnya, harus direncanakan siapa saja (kendaraan golongan) yang bisa naik ke Tol Elevated, siapa yang bukan, ini menjadi penting untuk ketepatan waktu menuju Bandung.

Budi juga menekanakan agar proyek pembangunan Tol Japek II Elevated ini bisa di operasikan pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) akhir tahun ini. Apalagi progresnya pembangunanya sudah mencapai 96,5 persen. Artinya, Oktober akhir sudah bisa semua diselesaikan, dan November sudah bisa dilakukan uji coba kendaraan.

Di tempat yang sama Direktur Utama PT Jasa Marga Jalan Layang Cikampek (JJC) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) Djoko Dwijono menjelaskan, proyek krusial yang selama ini dalam kondisi kritis sudah dapat teratasi seperti halnya pengerjaan kontruksi Steel Box Girder (SBG) di Km 17, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Selain itu, jumlah SBG dari jalan tol layang sepanjang 36,40 Km sudah berhasil dinaikan lebih dari 2.500 unit dengan dimensi yang berbeda-beda.

“Insyaallah semua selesai Oktober dan optimis November akhir atau Desember bisa di operasikan,” katanya.

Penulis: Jamilah
Editor: Jamilah

Berita Terkini