Meriahkan Pesta Rawabinong, Paguyuban Hariring Jagasatru Sauyunan Adakan Lomba

Ibing pencug
Lomba Ibing Pencug, dalam rangka memeriahkan Pesta Rawabinong (Foto: Beritabekasi)
Ibing pencug
Lomba Ibing Pencug, dalam rangka memeriahkan Pesta Rawabinong (Foto: Beritabekasi)

Lintasbekasi.com, Cikarang Pusat – Ketua Paguyuban Hariring Jagasatru Sauyunan, Sumanta Suryaningrat, mengatakan acara ini dalam rangka memeriahkan Pesta Rawabinong yang akan digelar pada 11 – 15 September 2019. Paguyuban tersebut mengadakan lomba Ibing Pencug.

Ibing Pencug ialah seni tradisi silat dan budaya yang ada di tataran Pasundan Jawa Barat. Di hadapan juri, para peserta yang kebanyakan masih duduk di bangku sekolah ini, menampilkan kelihaiannya di depan para penonton. Dan bakatnya pun dinilai oleh para dewan juri.

Baca juga: Mengenal Camat Nata, Jawara Asal Cibitung

“Insyaallah selanjutnya akan kita gelar setiap tahunnya. Juri lomba Ibing Pencug ini yakni Bapak Ismail dari IPSI Kabupaten Bekasi, Agus Sukmana, Ketua Paguyuban Sanggar Tari Kabupaten Karawang dan guru besar Ibing Pencug Cikarang Pusat,” jelas Pak Le, tokoh seniman di Sanggar Seni Cahaya Gumelar.

Lomba Ibing Pencug ini merupakan seleksi untuk ditampilkan pada saat Pesta Rawabinong. Lomba dibuka oleh Kepala Desa Hegarmukti, Ajo Subarjo pada pukul 10.00 WIB. Ditandai dengan pemukulan gong.

Berikutnya, peserta lomba menunjukkan kebolehannya di hadapan juri. Sebanyak lebih dari 20 peserta berpartisipasi dalam lomba Ibing Pencug ini, baik kategori single maupun grup. Peserta yang tampil diiringi nayaga dan musik gamelan secara langsung.

Baca juga: Mengenal KH Noer Ali, Pahlawan Nasional Asal Bekasi

Penulis: A.S
Editor: A.S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here