Mulai Hari Ini, Pemeriksaan Suhu Tubuh Dilakukan di Perbatasan Bekasi

Ilustrasi Pemeriksaan Suhu Tubuh (Foto: Adi Maulana Ibrahim/Katadata)

Lintasbekasi.com, Medan Satria – Aturan pengecekan suhu tubuh di wilayah perbatasan telah diterapkan oleh Pemerintah Kota Bekasi. Kebijakan ini ditempuh untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

“Di perbatasan itu kita minta penumpang yang mau ke Kota Bekasi, di situ pakai thermo gun dikontrol suhunya apabila suhunya lebih dari ambang batas (38 derajat Celcius) maka bagi orang luar Bekasi yang mau masuk Kota Bekasi dimohon untuk kembali lagi,” ujar Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bekasi Enung Nurholis ketika dihubungi, Selasa (31/3/2020).

Namun, petugas akan mendokumentasi KTP dan data-data pribadi diserahkan ke puskesmas terdekat jika orang tersebut memiliki KTP Bekasi dan suhu tubuhnya di atas ambang batas. Enung mengatakan pengecekan suhu tubuh dilakukan di 10 titik di perbatasan Bekasi.

Baca juga: Sekretaris Dinas LH Kabupaten Bekasi Meninggal Dunia, Sempat Berstatus PDP

“Ada 10 (titik). Semuanya (perbatasan dijaga) Jakarta-Bekasi, Depok-Bekasi, Bogor- Bekasi, Setu Kabupaten Bekasi Sumur Batu,” ujarnya.

Pengecekan suhu tubuh juga dilakukan di Stasiun Bekasi dan Terminal Bekasi selain di titik perbatasan. Setiap titik akan dijaga 2 personel Dishub, 2 personel Satpol PP, dan petugas kepolisian.

Sebelumnya, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mempertimbangkan opsi karantina wilayah di tengah wabah virus Corona (COVID-19). Dia tak menampik pihaknya sedang dalam proses membahas opsi itu.

“Sedang berjalan (proses pembahasan karantina wilayah),” ujar Rahmat Effendi lewat pesan singkat, Senin (30/3).

Baca juga: TPU Pedurenan Jadi Pilihan Pemkot Bekasi untuk Makamkan Jenazah Pasien COVID-19

Penulis: Fazaky
Editor: Fazaky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here