Jumat, November 22, 2019

Pelayanan Disdukcapil Ditiadakan Karena Listrik Padam

Kantor Disdukcapil Kota Bekasi (Sumber: Yusuf Bachtiar/Tribunnews)

Lintasbekasi.com, Bekasi Timur – Pelayanan kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi hari ini ditiadakan sementara. Listrik padam mengakibatkan jaringan di Disdukcapil Bekasi offline, sehingga pelayanan dihentikan sementara.

Siang tadi, lobi di kantor Disdukcapil Kota Bekasi, Jalan Ir H Juanda, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Senin (5/8/2019) tampak gelap. Loket pelayanan juga tidak beroperasi.

Meski begitu, beberapa warga tampak tetap membawa berkas dan menunggu di lobi. Sejumlah petugas Disdukcapil pun tetap berjaga.

“Iya (pelayanan kependudukan ditiadakan sementara) karena listrik belum nyala di lingkungan kantor sehingga server SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) offline,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Bekasi Taufiq Rahmat Hidayat, Senin (5/8/2019), dikutip dari detikcom.

Baca juga: PLN Akan Ganti Rugi Pelanggan Sebagai Kompensasi Padam Listrik

Pelayanan dapat aktif jika jaringan listrik normal kembali. Tidak hanya perekaman e-KTP, pelayanan lain, seperti pembuatan kartu keluarga dan lainnya, juga terganggu.

“Kita hanya bisa menunggu jaringan listrik normal,” ujar Taufiq.

Pemberitahuan soal berhentinya pelayanan juga diumumkan di media sosial Disdukcapil Kota Bekasi. Di loket pelayanan juga sudah dipasang pemberitahuan terkait terganggunya pelayanan tersebut.

“Sehubungan jaringan listrik di kompleks Pemkot Bekasi Jalan Ir Juanda Nomor 100 Kota Bekasi masih padam, mohon maaf server SIAK Disdukcapil dalam kondisi offline sehingga seluruh pelayanan kependudukan hanya dilakukan penerimaan berkas di seluruh titik layanan. Pelayanan akan diproses setelah jaringan kembali online. Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pelayanan ini,” tulisan di Instagram Disdukcapil Kota Bekasi, Senin (5/8) pukul 11.37 WIB.

Untuk diketahui, sejumlah daerah, termasuk Bekasi, mengalami pemadaman listrik sejak Minggu (4/8). Hingga siang ini, beberapa wilayah di Bekasi masih mati lampu setelah sempat menyala beberapa jam.

Baca juga: Aliran Listrik di Sejumlah Wilayah Belum Kembali Normal

Penulis: Fazaky
Editor: Fazaky

Berita Terkini