Senin, Februari 17, 2020

Rahmat Effendi Resmikan Jalan Tembus Jakasetia-Pekayon, Membentang Hingga 4,2 Km

Peresmian Jalan SS Jakasetia-Pekayon (Foto: Garudanews)

Lintasbekasi.com, Bekasi Selatan – Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi meresmikan Jalan Saluran Sejajar (SS) Jakasetia-Pekayon, pada Jumat (31/1/2020).

Akses jalan tembus itu berada di Kelurahan Jakasetia dan Kelurahan Pekayon Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Rahmat mengatakan jalan itu membantang sepanjang 4,2 kilometer dalam keterangannya. Dari ruas Permata Pekayon hingga Pondok Surya Mandala.

“Total anggaran pagu anggaran sebesar Rp 181 miliar lebih. Pakai APBD kami Rp 68 miliar sisanya dana dari Kementerian PUPR,” kata Rahmat.

Rahmat menyebut pembangunan dilalukan secara bertahap.

Pada tahap awal pekerjaan 2017 dimulai dari ruas Permata Pekayon hingga Pondok Pekayon Indah sepanjang 308 meter yang didanai APBD Kota Bekasi.

Baca juga: Rahmat Effendi dan Anies Baswedan Resmikan Flyover Rawapanjang dan Cipendawa

Kemudian, dari ruas Pondok Pekayon Indah sampai Pulo Ribung dikerjakan melalui APBD 2018 dan 2019 sepanjang 1.331 meter.

Lalu lanjutannya hingga ke Pondok Surya Mandala sepanjang 2,6 kilometer dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2019.

“Masih ada sisa pekerjaan 1,6 kilometer hingga ke Jatiasih, itu dilanjutkan pengerjaannya oleh Kementerian PUPR. Tapi pembebasan lahannya kita yang lakukan,” jelas Rahmat.

Rahmat meminta agar bangunan yang berada disepanjang saluran itu bisa ditertibkan. Hal ini disebabkan, bangunan itu menduduki lahan milik Perum Jasa Tirta (PJT) II.

“Kalau yang melanggar ya harus ditertibkan. Taapi beberapa ada juga lahan yang dimiliki secara sah karena sertifikatnya lengkap maka akan kita bayar,” katanya.

Agar tidak terjadi kecelakaan, Rahmat juga mengintruksikan kepada Dinas Perhubungan untuk memasang rambu rambu lalu lintas dan traffic light di sisi perempatan jalan.

“Harus segera dipasang rambu-rambunya tiap persipangan itu agar pengendara tidak bingung dan sampai terjadi kecelakaan,” terang Rahmat.

Baca juga: Februari, Uji Coba Tilang Elektronik di Kabupaten Bekasi Siap Dilakukan

Penulis: Fazaky
Editor: Fazaky

Berita Terkini