Senin, Oktober 14, 2019

Saluran Irigasi Mati Membuat Ratusan Ikan Mengambang ke Permukaan

Air Menghitam dan Ratusan Ikan Mati di Saluran Irigasi (Foto: Postkotanews)

Lintasbekasi.com, Bekasi Utara – Saluran irigasi, Pintu Air, Kota Bekasi mati menyebabkan air menghitam. Hal itu juga membuat ratusan ikan mati mengambang. Ditambah Produksi air bersih PDAM Tirta Patriot juga sempat terganggu.

“Sejak semalem air butek. Ikan pada mabok,” kata Edwin, warga Harapan Mulya, Minggu (22/9/2019).

Disebutkan, sampai pagi masih banyak orang yang memanfaatkan mengambil ikan yang mati. Diantara warga bahkan menggunakan jala untuk mendapatkan ikan.

“Airnya butek dan bau. Ulah siapa ini,” katanya.

Warga ini menyebut kondisi air tak seperti biasa yang kecoklatan. Tapi, saat ini hitam dan berbau.

Baca juga: PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi Luncurkan Aplikasi INTIPASI

Faktanya, matinya ikan di sini kerap terjadi, termasuk di kawasan Kali Bekasi. Tampaknya warga pencari ikan tidak ambil peduli dengan kondisi air yang diduga menjadi penyebab matinya ikan.

Kondisi air yang keruh ini juga menjadi jawaban PDAM Tirta Patriot yang menyampaikan pernyataan melalui web resmi. Disebutkan, kondisi air baku pada pukul 08.00 disebutkan berbusa dan bau yang mempengaruhi produksi.

Yayan Yuliana, Kepala. Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, mengakui adanya laporan terkait kondisi air tersebut. “Kami sudah menurunkan tim untuk meneliti kondisi air dan apa penyebabnya,” katanya.

Kejadian ini membuat keprihatinan lapisan masyarakat. Selain karena sudah berulang di Kota Bekasi, juga menjadi penyebab matinya ikan. Padahal, baru dua hari sebelumnya Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi menebar benih ikan di banyak tempat.

Penulis: Jamilah
Editor: Jamilah

Berita Terkini