Senin, September 23, 2019

Situs Buni, Peninggalan Peradaban Kuno yang Sarat Budaya di Bekasi

Situs Buni
Benda-Benda Peninggalan Bersejarah di Situs Buni (Foto: Medium)

Lintasbekasi.com, Babelan – Sebelum jaman penjajahan Jepang maupun Belanda, Bekasi memiliki sejarah peradaban yang panjang. Hal ini diketahui dari ditemukannya peninggalan kuno, Situs Buni.

Terletak di Kampung Buni Pasar Mas, Desa Buni Bakti, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Di sana banyak ditemukan artefak-artefak peninggalan prasejarah. Para arkeolog menemukan situs berupa kuburan prasejarah leluhur berusia 2.000 tahun. Pada kerangka-kerangka leluhur tersebut ditemukan benda-benda bersejarah bernilai tinggi.

Menurut penelitian, Situs Buni merupakan peninggalan Kerajaan Segara Pasir yang berdiri jauh sebelum Kerajaan Tarumanegara. Konon Sebelum Masehi terdapat 46 kerajaan kuno, salah satunya yakni Kerajaan Segara Pasir yang pusat komandonya di pesisir pantau Utara Bekasi.

Baca juga: Tugu Bambu Runcing Warung Bongkok, Simbol Tajamnya Perjuangan Rakyat Bekasi

Situs adalah suatu tempat atau daerah yang di mana terdapat peninggalan kuno atau benda-benda purbakala. Banyak versi yang menuliskan kapan situs Buni tersebut ditemukan sebelum para arkeolog, di antaranya pada tahun 1958. Seorang warga bernama Masnah, saat sedang di sawah, beliau melihat ada lubang lembek yang di dalamnya terdapat sebuah benda.

Benda tersebut dibawa pulang oleh Masnah. Setelah dicuci, ia melihat terdapat emas berukuran kecil dalam jumlah banyak di sana. Lalu artefak lain pun ditemukan di depan rumah Masnah. Sejak itu, warga berbondong-bondong memburu emas kuno di Kampung Buni.

Hal itu ternyata mempengaruhi nama desa itu. Yang semula Kampung Buni, kini ditambahkan ‘Pasar Mas’. Karena sering dilakukan transaksi di kampung tersebut, terlebih mengenai emas kuno. Benda-benda yang ditemukan pun beragam, mulai dari beliung persegi, manik-manik, perhiasan emas, periuk, kendi, batang besi, hingga piring arekamedu dari India.

Baca juga: Monumen Bambu Runcing Jalan Juanda, Lambang Semangat Kota Bekasi

Penulis: A.S
Editor: A.S

Berita Terkini