Senin, September 23, 2019

Situs Keramat Mbah Raden, Makam Bangsawan Banten Tersohor

Makam mbah raden
Situs Keramat Makam Mbah Raden. Pada makam tumbuh pohon beringin yang menutupi bentuk makam (Foto: Rahmat Setiawan/Googlemaps)

Lintasbekasi.com, Jatisampurna – Seorang tokoh pada masa hidupnya dapat berpengaruh pada masa kini. Bahkan ada yang menjadikannya panutan. Meski telah tiada, makam tokoh tersebut kerap dikeramatkan oleh warga sekitar dengan segala bumbu-bumbu mistis. Tak terkecuali Situs Keramat Mbah Raden.

Beberapa peziarah dan pengamat hal-hal mistis sangat mengkeramatkan tempat ini. Pasalnya, di tempat itu dimakamkan seorang bangsawan asal Banten yang akrab disapa Mbah Raden. Mbah Raden ini merupakan adik seperguruan dari Pangeran Sa’uf yang juga satu padepokan dengan putera Sultan Banten, Syeh Maulana Mansyur.

Baca juga: Situs Keramat Batok, Tempat Pelarian yang Jadi Pemukiman Para Pejuang

Karena berasal dari kelas bangsawan dan seorang pangeran, wajar bila makamnya masih dilestarikan. Konon, Situs Keramat Mbah Raden ini dijaga oleh makhluk tak kasat mata berwujud harimau putih. Makhluk tersebut merupakan pengikut setia Mbah Raden semasa hidupnya.

Situs Keramat Mbah Raden ini bertempat di Tempat Pemakaman Umum Kampung Raden, Kelurahan Jadi Raden, Kecamatan Jatisampurna. Menurut juru kunci makam, terdapat dua pohon beringin besar yang berusia ratusan tahun. Pohon tersebut tumbuh tepat di atas Makam Mbah Raden. Sehingga bentuk makamnya sudah tidak terlihat lagi kini.

Meski dibilang keramat, Situs keramat Mbah Raden tidak memiliki ciri khas atau perbedaan pada makam-makam lainnya. Tak hanya itu, dimakam tersebut pun tak ada tulisan Mbah Raden pada papan atau batu nisan. Jika ingin berziarah, sebaiknya bertanya pada warga setempat untuk mengetahui makamnya.

Penulis: A.S
Editor: A.S

Berita Terkini