Senin, September 23, 2019

Situs Nyi Ratu Mayangsari, Makam Permaisuri Penyuka Buah Kenanga

Makam nyi
Makam Nyi Ratu Mayangsari, Kecamatan Jatiasih (Foto: Gilang Rangga/Googlemaps)

Lintasbekasi.com, Jatiasih – Sarat akan budaya dan kental akan peninggalan zaman kuno, Bekasi memiliki beberapa tempat yang sakral. Mulai dari bangunan, pembuatan tugu peringatan, hingga makam. Salah satunya Situs Nyi Ratu Mayangsari.

Terletak di TPU Desa Bojongsari, Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih. Lokasi makam Nyi Ratu Mayangsari ini berada di depan masjid yang ada di area pemakaman. Makam tersebut menempel langsung dengan dinding masjid. Ketika masuk makam, akan tercium aroma bunga kenanga yang sangat kuat.

Baca juga: Situs Keramat Mbah Raden, Makam Bangsawan Banten Tersohor

Menurut juru kunci makam, dulu daerah Jatiasih tergabung dalam wilayah Kerajaan Banten. Sering didatangi oleh pasukan Kerajaan Banten yang dipimpin oleh Syech Syarifudin atau Mbah Kandong. Dan ada salah satu permaisuri yang menetap dan tinggal di Jatiasih bernama Nyi Ratu Mayangsari. Konon, ia sangat menyukai bunga kenanga.

Nyi Ratu Mayangsari ini merupakan salah satu puteri dari Kerajaan Sumedang Larang, yang menjadi bagian dari kerajaan Mataram. Hingga kini, Situs Nyi Ratu Mayangsari masih terawat dengan baik. Bahkan sering dikunjungi oleh para peziarah dari dalam maupun dari luar kota.

Baca juga: Situs Keramat Batok, Tempat Pelarian yang Jadi Pemukiman Para Pejuang

Penulis: A.S
Editor: A.S

Berita Terkini