Senin, Oktober 14, 2019

SK Belum Ditandatangani Gubernur, Penetapan Pimpinan DPRD Kota Bekasi Bakal Molor

Rapat Paripurna DPRD Kota Bekasi dalam Pertemuan Definitif (Foto: Palapapos)

Lintasbekasi.com, Bekasi Selatan – Sudah satu bulan setelah ditetapkan  menjadi anggota DPRD Kota Bekasi periode 2019-2024, namun hingga saat ini mereka belum bisa berkerja lantaran masih menunggu adanya pimpinan dewan definitif.

Hal tersebut disebabkan, Surat Keputusan (SK) penetapan Pimpinan DPRD Kota Bekasi tak kunjung ditandatangi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil disinyalir membuat roda Pemkot Bekasi terhambat.

Melansir dari Pojok Bekasi, bahkan penetapan bakal terancam molor dari rencana dilaksanakan pada tanggal 26 September 2019.

”Sebenarnya, surat pengajuan untuk penetapan pimpinan DPRD Kota Bekasi sudah dikirim ke Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, namun sampai saat ini belum dikembalikan kepada kami (Setwan),” ujar Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Bekasi, Muhamad Ridwan .

Ia juga mengakui akan ada keterlambatan penetapan pimpinan DPRD Kota Bekasi definitif.

”Berdasarkan putusan pimpinan ketua DPRD sementara, rencananya pelantikan dilakukan tanggal 26 September. Akan tetapi, surat itu kan butuh proses. Yang jelas hari ini (kemarin, Red) sudah ditandatangani oleh Gubernur Jabar. Karena dasar paripurna adalah SK, maka harus disampaikan dulu kepada Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi,” jelasnya.

Baca juga: Gadaikan SK, Anggota DPRD Periode 2019-2024 Meminjam Hingga Mencapai 1 Miliar

Tahapannya, lanjut Ridwan, SK yang sudah ditandatangani Gubernur Jabar akan diserahkan terlebih dahulu kepada Wali Kota Bekasi, lalu disampaikan ke DPRD Kota Bekasi, sekaligus penetapan paripurna pimpinan definitif.

”Yang pasti, pelantikan pimpinan DPRD Kota Bekasi untuk periode 2019-2024 waktunya akan mundur. Dan Wali Kota juga sudah menunggu,” beber Ridwan.

Ketika ditanya, apakah kemungkinan pelaksanaannya sesuai tenggang waktu yang sudah ditetapkan, Ridwan sendiri tidak bisa berandai-andai. Karena, penetapan ketua DPRD tergantung pada SK yang akan diterima.

Baca juga: Diajak Alumni ke Senayan, 410 Pelajar Bekasi Diamankan Polisi

Penulis : Adinda
Editor : Adinda

Berita Terkini