Jumat, November 22, 2019

Tahun Depan, Anggaran APBD Untuk Jamkesda Capai 15 Miliar

Ilustrasi Jaminan Kesehatan di Bekasi (Foto: Muhammad Azzam/Warta Kota)

Lintasbekasi.com, Medan Satria – Pemerintah Kabupaten Bekasi mengalokasikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020 untuk kebutuhan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) sebesar Rp 15 miliar.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Alamsyah mengatakan, ada peningkatan Besaran anggaran dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya, bahkan peningkatannya cukup siginifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun 2018 hanya Rp 8 miliar, tahun ini (2019) Rp 11,5 miliar. Ada peningkatan lagi di tahun 2020 sebesar Rp 15 miliar. Kenaikanya cukup besar ditahun ini,” ujar Alam, Kamis (7/11/2019).

Peningkatan anggaran itu ditujukan untuk menjamin kesehatan warga Kabupaten Bekasi yang tercatat sebanyak 3,2 juta jiwa.

“Ya meskipun ada BPJS, tapi kan pemda wajib berikan pelayanan kesehatan. Ini bentuk perhatian pemkab kepada masyarakat di bidang kesehatan,” lanjutnya.

Baca juga: Pengelolaan Parkir Oleh Ormas, Kepala Bapenda Diperiksa Polisi

Untuk itu, dia mengingatkan kepada seluruh jajarannya mulai dari pelaksana hingga kepala bidang agar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat tidak mampu.

Begitu juga dengan pelayanan di RSUD dan rumah sakit swasta. Agar semua rumah sakit yang bekerja sama dengan Jamkesda tidak menolak pasien.

“Ketika pasien datang langsung mendapat penanganan pertama. Jika secara medis tidak bisa ditangani, pasien dirujuk ke rumah sakit lain,” katanya.

Terlebih untuk pengurusan administrasi agar dipermudah bagi warga tidak mampu.

“Pelayanan harus prima dan cepat, apalagi yang datang ini kan sedang berduka karena keluarga sakit. Jangan dipersulit soal ngurus administrasi,” ungkap Alam.

Baca juga: Gercep Dukcapil Sukses, Eka Supria Atmaja Berencana Dirikan Mal Pelayanan Publik

Penulis: Ridho
Editor: Ridho

Berita Terkini