Senin, Oktober 14, 2019

Tak Perlu ke Bali, Bekasi Barat juga Punya Pura yang Siap Temani Liburan Anda

Pura Agung Tirta Bhuana yang terletak di Jaka Sampurna Bekasi Jawa Barat (Foto: Instanbooking)

Lintasbekasi.com, Bekasi Barat – Bekasi yang terkenal dengan kota para pekerja ternyata memiliki kekayaan wisata yang tidak kalah menarik. Sebut saja Pura Agung Tirta Bhuana yang terletak di Jaka Sampurna Bekasi Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Jaka Sampurna, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Sejarahnya, pura yang diresmikan sejak tahun 1991 ini merupakan satu-satunya tempat ibadah umat Hindu di Bekasi. Ada banyak kegiatan pemuda serta masyarakat Hindu yang menggunakan pura sebagai lokasi berkumpul utama. Namun, selain untuk beribadah Pura Agung kerap menjadi tempat wisata.

Pura ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat disayangkan jika anda berada di kota bekasi tidak mengunjungi wisata religi yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Tempat ini juga sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya.

Baca juga: 5 Wisata Terbaru yang Hits 2019 di Bekasi

Fasilitas yang Tersedia

Selain itu, yang perlu diketahui tidak ada area parkir mobil di bagian depan pura itu, namun sepeda motor masih bisa parkir di sana. Di tempat itu juga ada sebuah pohon beringin yang terlihat sudah agak tua dengan akar-akar gantung sangat lebat dan harus diikat dan dilekatkan ke batang pohon agar tidak sampai mengganggu orang yang lewat di dekatnya.

Gapura di bagian depan itu berbentuk paduraksa, bentuk yang tak lazim digunakan untuk memisahkan bangunan pura dengan area di luarnya. Namun bentuk gapura paduraksanya memang berbeda, dengan lengkung lebih lebar dan tidak terlalu tinggi dibanding gapura pemisah jaba tengah dengan jaba jero. Di sebelah kiri dan kanan gapura terdapat patung harimau.

Wisata Pura Agung juga memiliki fasilitas seperti tempat wisata pada umumnya diantaranya, area parkir, mushola, kama rmandi atau MCK, penginapan, dan masih banyak yang lainnya.

Pura Agung sendiri tidak mematok harga tiket masuk, para pengunjung diharapkan menjaga kebersihan dan keasrian pura. Tempat ini sangat cocok untuk sekedar mengabadikan momen atau berswafoto.

Penulis: Jamilah
Editor: Jamilah

Berita Terkini