Senin, September 23, 2019

Tari Tradisional Khas Bekasi ini Wajib Kamu Tahu!

Foto: Tari Topeng Bekasi

LintasBekasi.com, Kota Bekasi –¬†Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Tidak hanya dijuluki sebagai Kota Patriot dan Kota Pejuang, kota Bekasi juga memiliki kesenian tari tradisional.

1. Tari Dodogeran

Foto: Tari Dodogeran

Tari Dodogeran merupakan tari tradisional kreasi khas Bekasi yang gerakan tariannya mencerminkan keceriaan anak-anak. Tarian ini bertempo cepat dengan gerakan yang lincah dan ceria.

Selain itu terdapat gerakan yang menggerak-gerakkan pinggul dan tangan. Sekilas, kita akan teringat pada tarian dari Betawi dan Sunda.

Tari Dodogeran ini diciptakan oleh seorang wanita bernama teh Eem, yang menjadi salah satu masyarakat yang tinggal di Kota Bekasi. Teh Eem mulai menari sejak SMA.

Berlatar belakang keluarga seniman, teh Eem akhirnya berniat membuat tarian khas untuk Bekasi. Maka terciptalah tarian Dodogeran dan tarian Kembang Bekasi.

Baca juga:
Sejarah Masjid Agung Al-Barkah Bekasi
Cerita Perjuangan Bekasi Melekat Pada Tugu-Tugu Ini
Sejarah Kalimalang dan Kerajaan Taruma Negara di Bekasi

2. Tari Topeng Bekasi (Ronggeng Blantek Bekasi)

Foto: Tari Topeng Bekasi

Tari topeng Bekasi atau yang biasa disebut dengan Topeng Bekasi merupakan kesenian rakyat yang tetap digemari masyarakat hingga saat ini. Berbeda dengan tari topeng yang berasal dari Cirebon, Topeng Bekasi tergolong dalam jenis teater rakyat.

Jadi, ketika menyaksikan Topeng Betawi, Anda tidak hanya disuguhi tarian semata. Tari tradisional itu juga menampilkan unsur lain seperti seni musik, seni vokal, seni peran, dan seni sastra. Pertunjukan khas Bekasi itu juga diselingi acara lawakan yang bersumber dari kehidupan masyarakat kecil.

3. Tari Kembang Bekasi

Foto: Tari Kembang Bekasi

Tari Kembang Bekasi merupakan kesenian asli yang berasal dari kota yang di juluki patriot tersebut, tari Kembang Bekasi diperkenalkan pada 2010.

Kembang Bekasi sepintas mirip Tari Ronggeng namun tarian ini memiliki gerakan yang lebih rumit, karena tarian ini menggunakan properti 3 buah topeng yang dipakai bergantian.

Tari ini memiliki gerakan dan musik yang lebih cepat dari Tari Ronggeng, sang penari menggunakan kostum celana pangsi yang dipadu kain sebagai bawahan.

Sedangkan penghias kepala seperti aksesori putri Tiongkok. hal ini tidak terlepas dari kebudayaan Tiongkok, yang mewarnai Bekasi di masa lampau.

Reporter: –
Editor: Syifa

Berita Terkini