Senin, September 23, 2019

Tidak Hanya Korban, KPAI Juga Akan Mengawal Pelaku Persekusi SMK

Foto: Ilustrasi Persekusi (Sumber: Shutterstock)

Lintasbekasi.com, Bekasi Timur – Semenjak terjadinya persekusi yang dialami oleh siswi SMK Kota Bekasi, Komisi Perlindungan Anak Indonesia bakal mengawasi dan mengawal kasus ini hingga tuntas.

Melansir dari Wartakota, hal itu langsung diungkapkan oleh Komisioner KPAI, Retno Listyarti, saat mengunjungi tempat korban bersekolah di SMK Teknologi Nasional, Bekasi Timur.

Retno menyatakan, bahwa pihaknya akan memperhatikan hak-hak korban, mulai dari keamanan, hak atas pendidikan, dan hak atas rehabilitasi psikologis.

“Kita juga sudah komunikasi ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) agar korban dapat perlindungan sampai proses hukum selesai,” ucap dia.

Tak sampai disitu saja, Retno juga mengungkapkan bahwa dirinya tak hanya dari pihak korban, tetapi pelaku yang masih di bawah umur juga menjadi perhatiannya.

Baca juga: KPK Periksa Dedi Mizwar Terkait Kasus Suap Meikarta

“Nampaknya, kan korban engga mau berdamai, otomatis proses hukum akan tetap berjalan. Maka kita awasi penanganan Polres untuk menggunakan peradilan anak,” ucap Retno.

Retno juga menyebut bahwa pihaknya terus mendorong agar diversi. Namun, apabila tidak bisa berarti proses hukum akan tetap berlanjut.

“Harus didorong diversi, hakim sendiri pun kalau ini masuk pengadilan minta diversi dulu. Memang begitu, dalam sebuah mekanisme dalam sistem peradilan anak, tapi kalau korban enggak mau ya diversi artinya proses hukum harus berlanjut,” ujarnya.

Baca juga: BMKG Tegaskan Polusi Udara di Jakarta Bukan Berasal dari PLTU Bekasi

Penulis: Abdul Razak
Editor: Abdul Razak

Berita Terkini