Senin, Oktober 14, 2019

Tri Adhianto: Bekasi Siap Jadi Kota Pertama Terapkan Sistem Pajak Online di Indonesia

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto (Foto: Istimewa)

Lintasbekasi.com, Bekasi Selatan – Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan Bekasi siap menjadi kota pertama yang menerapkan sistem pajak online di Indonesia. Melalui sistem ini konsumen bisa mengawasi langsung pajak yang telah dibayarkan melalui aplikasi.

Sistem yang digagas oleh Mas Tri sapaan akrab Tri Adhianto ini berupa aplikasi yang langsung tertanam pada sistem restoran dan lainya.

“Saat ini kita sedang tahap finishing, bentuknya aplikasi online yang terintegrasi langsung dengan sistem pemilik wajib pajak dan kontrol terbesarnya ada di konsumen. Jadi, kecil kemungkinan adanya kebocoran,” jelas Mas Tri.

Baca juga: Demi Mendongkrak PAD, Bekasi Hapus Denda Pajak Bumi dan Bangunan!

Gagasan sistem pajak real time muncul karena target pajak restoran, hiburan, dan hotel banyak yang tidak sesuai perencanaan. Selain itu sistem saat ini masih belum tepat, sehingga menimbulkan celah yang bisa disalahgunakan.

“Saat ini kita masih menggunakan sistem tapping box, tapi karna tidak dikontrol dengan baik mengakibatkan banyak celah yang disalahgunakan pemakai,” kata Mas Tri.

Menurut Mas Tri, inovasi karya anak Bekasi ini akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Bekasi yang pencapaian targetnya belum maksimal. Beliau juga berharap terobosan ini bisa menjadi produk unggulan di sistem pajak Indonesia.

“Inovasi ini adalah yang pertama di Indonesia dan didukung oleh ketentuan daerah, mudah-mudahan nantinya menjadi produk unggulan di perpajakan Indonesia dimasa mendatang,” ungkap Mas Tri.

Aplikasi ini rencananya diluncurkan setelah pembahasan payung hukum rampung dan trial test dilakukan.

Baca juga: Tri Adhianto akan Melanjutkan Penataan Taman Irigasi Danita

Penulis: Abil
Editor: Abil

Berita Terkini