Senin, April 6, 2020

Update Terbaru Cara Mendirikan PT

Ilustrasi Proses Mendirikan PT (Foto: Istimewa)

Lintasbekasi.com – Dalam menjalankan kegiatan bisnis diperlukan badan hukum yang menaungi usaha tersebut. Ada beberapa bentuk badan hukum mulai dari Perseorangan, Firma, Persekutuan Komanditer (CV), dan Perseroan Terbatas (PT). Bagi masyarakat yang ingin menjalankan bisnisnya dengan mendirikan PT, berikut ini update terbaru cara mendirikan PT tahun 2020.

Siapkan Data Pendirian PT

Saat mendirikan PT ada beberapa data yang perlu disiapkan terlebih dahulu sebelum membuat akta pendirian di notaris. Data yang disiapkan diantaranya nama PT, alamat dan kedudukan PT, maksud dan tujuan pendirian PT, modal pendirian PT, dan pengurus PT.

Membuat Akta Pendirian PT di Notaris

Setelah data untuk pendirian sudah lengkap, tahap selanjutnya adalah membuat akta pendirian PT di notaris. Seluruh data pendirian PT kemudian diserahkan ke notaris. Proses pembuatan akta pendirian membutuhkan waktu pengerjaan 1-2 hari.

Pengesahan Pendirian PT dari Menteri Hukum dan HAM

Ketika akta pendirian PT sudah jadi, notaris akan mengajukan pengesahan badan hukum PT kepada Menteri Hukum dan HAM (Menkumham). Setelah disetujui, maka Menkumham akan mengeluarkan Surat Keputusan pengesahan badan hukum PT.

Baca juga: Pemkot Bekasi Berencana Atur Ulang Perizinan Reklame LED

Membuat Surat Keterangan Domisili Usaha

Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) adalah surat yang menerangkan alamat keberadaan PT. Pengurusan SKDU dilakukan di Kecamatan tempat PT berada. Saat pembuatan SKDU diperlukan beberapa dokumen meliputi, surat keterangan RT dan RW, bukti pembayaran PBB, fotokopi sertifikat (milik sendiri) atau surat perjanjian sewa (kontrak), denah alamat perusahaan, stempel perusahaan, kop surat perusahaan, dan foto kantor.

Membuat NPWP Perusahaan

Membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan merupakan hal yang harus dilakukan selanjutnya dalam mendirikan PT. Pembuatan NPWP perusahaan dilakukan oleh perwakilan dari penanggung jawab PT di kantor pajak pratama sesuai domisili perusahaan.

Membuat NIB Perusahaan

Nomor Induk Berusaha (NIB) perusahaan berfungsi sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API), dan akses kepabeanan. Pembuatan NIB dilakukan melalui Online Single Submission dengan mengisi data yang diperlukan.

Membuat Izin Usaha Perusahaan

Tahap terakhir dalam pendirian perusahaan adalah membuat Izin Usaha sesuai dengan bidang perusahaan. Pembuatan Izin Usaha juga dilakukan melalui Online Single Submission dengan mengisi data yang diperlukan.

Bagi Anda yang ingin mendirikan perusahaan, khususnya di wilayah Bekasi terdapat banyak notaris yang bisa dipilih. Salah satu notaris yang memiliki kapabilitas terbaik di Bekasi adalah H. Ade Ardiansyah, SH., M.Kn (Jl. Kemakmuran, RT 001/RW 06, Kelurahan Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi).

Notaris H. Ade Ardiansyah, SH., M.Kn sebagai salah satu yang terbaik di Bekasi pernah meraih penghargaan sebagai 50 Notaris Terbaik di Indonesia dan menjabat Ketua Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah Kota Bekasi 2019-2021. Bila ingin berkonsultasi terkait pendirian perusahaan bisa menghubungi (021 8867346) atau bisa langsung mengunjungi alamat yang sudah tertera di atas.

Baca juga: Pemkot Bekasi Pindahkan Mal Pelayanan Publik Ke BTC

Penulis: Abil
Editor: Abil

Berita Terkini