Jumat, November 22, 2019

Usai Daratan Sampah, Seperti Ini Kondisi Kali Jambe

Kali Jambe Setelah Sampah yang memenuhinya dikeruk (Foto: Isal Mawardi/detik)

Lintasbekasi.com, Tambun Utara – Kondisi Kali Jambe, RW 12 Desa Satria Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi telah kembali bersih. Setelah sebelumnya terdapat tumpukan sampah.

“Sampah yang di kali sudah tidak ada, ini hanya ada yang dilahan kosong dekat kali. Hari ini dipastikan diangkut semua ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” ujar Sumardana Kepala Dusun 3 Satria Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Selasa (5/11/2019).

Sumardana menuturkan total tumpukan sampah yang ada di Kali Jambe sebanyak 630 kubik.

Adapun proses pembersihan telah dilakukan selama dua hari, mulai Sabtu 2 November hingga Minggu 3 November 2019.

Baca juga: Daratan Sampah di Kali Jambe Akan Dibersihkan Besok pagi

“Hari pertama sudah diangkut sampah itu sebanyak 210 kubik ke TPA. Sisanya hari ini akan dibawa ke TPA, ya sekitar 30 truk,” ucap dia.

Mencegah terjadinya tumpukan sampah kembali, ia minta aparat Desa, Kecamatan maupun Pemkab Bekasi yang dilintasi Kali Jambe itu mengawasi warganya untuk tidak membuang sampah ke kali.

“Kalau di kami (Desa Satria Jaya) engga ada pemukiman warga di bantaran kali. Terus juga sampah warga kami kan diangkut rutin ke tempat pembuangan,” jelas dia.

Wilayah yang menyumbang sampah kiriman ke Kali Jambe Desa Satria Jaya itu yakni dari Desa Jalen Jaya, Mangun Jaya, Karang Satria maupun Satria Mekar.

Baca juga: Selepas Hujan, Kali Jambe Kabupaten Bekasi Menjadi Daratan Sampah

Penulis: Ridho
Editor: Ridho

Berita Terkini