Senin, Februari 17, 2020

Wabah Virus Corona, Rahmat Effendi Sebut Warga Bekasi yang Terjangkit Nihil

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi (Foto: Ananda/Ayo Bekasi)

Lintasbekasi.com, Bekasi Selatan – Penyebaran virus Corona tengah menjadi perhatian internasional ataupun dalam negeri. Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi memastikan sampai saat ini belum ada warganya terjangkit virus yang disebut-sebut berasal dari China itu.

“Nihil,” ujar Rahmat Effendi di kantornya, Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, Senin (27/1/2020).

Pria yang akrab disapa Bang Pepen itu meminta Dinas Kesehatan Kota Bekasi mengambil langkah terkait tindakan antisipasi. Ia tidak menutup kemungkinan virus Corona tersebar di Bekasi. Pasalnya, banyak warga negara China yang bekerja di Bekasi.

“Warga China juga banyak yang di kita (Kota Bekasi) karena kerja di sini kan banyak juga kan, berarti yang mobile itu kan yang kerja di sini, pulang-balik pulang-balik,” kata Pepen.

Pepen tidak menjelaskan detil mengenai jumlah warga negara China yang tinggal dan kerja di Kota Bekasi. Selain itu, ia tak mengetahui pasti warga Bekasi yang saat ini tinggal di China.

Baca juga: Cegah Penyebaran Virus Corona, Rumah Sakit dan Puskesmas di Kota Bekasi Diminta Siaga

Warga Diimbau Tidak Berpergian ke China

Ia mengimbau warga agar sementara waktu tidak berpergian ke China sebagai langkah pencegahan. “Kita berharap warga Bekasi jangan dulu berpergian atau melakukan perjalanan dinas ke China kan itu juga sebagai antisipasi,” lanjutnya.

Virus Corona terus menyebar ke berbagai belahan dunia. Virus mematikan ini sudah ada di 14 negara. Indonesia pun mengambil langkah waspada.

Seperti yang dilansir Associated Press (AP), Minggu (26/1), virus baru bernama 2019-nCoV ini terus mempercepat penyebarannya. Data terbaru total korban meninggal akibat virus ini sudah mencapai 56 orang.

Pemerintah China menyebut situasi ini begitu genting dan membatasi semua perjalanan. Virus ini telah menyebar ke 13 negara dari Malaysia hingga Nepal. Indonesia tidak termasuk di dalamnya.

Namun pemerintah Indonesia tak tinggal diam. Indonesia telah mengambil langkah waspada. Berbagai pemeriksaan ketat di bandara dilakukan untuk menghalau virus ini menyebar di Indonesia.

Selain itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing terus memantau perkembangan dari kasus virus Corona. Mereka terus memantau informasi terkait penelitian dan pengawasan ketat pada kasus ini.

Baca juga: Pemulihan Pascabanjir Masih Berlangsung di Jatiasih

Penulis: Fazaky
Editor: Fazaky

Berita Terkini